MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEMANDIRIAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN ANAK KELOMPOK B USIA 3-4 TAHUN KB KUSUMA MULIA I TAROKAN KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
KARTINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0196
Abstract
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEMANDIRIAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN MELALUI MEDIA KANTONG SAMPAH PINTAR
PADA ANAK KELOMPOK B USIA 3-4 TAHUN
KB KUSUMA MULIA I TAROKAN
KECAMATAN TAROKAN KABUPATEN KEDIRI
Kartini
12.1.01.11.0196
Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan - PG-PAUD
bukartini@gmail.com
Isfauzi Hadi Nugroho, M.Psi. dan Itot Bian Raharjo, S.Pd., M.M.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
KARTINI : Meningkatkan Kemampuan Kemandirian Kebersihan Lingkungan melalui Media Kantong Sampah Pintar pada Anak Kelompok B usia (3-4) tahun KB Kusuma Mulia I Tarokan Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penggunaan Kantong Sampah Pintar sebagai media pembelajaran diharapkan dapat mengembangkan aktivitas anak didik dalam proses belajar mengajar sehingga aktivitas belajar mengajar tidak terjadi kejenuhan, anak merasa senang serta semakin termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, diharapkan konsep yang diajarkan oleh guru dapat dipahami oleh anak didik.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah : (a) apakah kemampuan kemandirian kebersihan lingkungan anak dapat berkembang setelah diterapkan media kantong sampah pintar?.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (a) ingin mengetahui penerapan kantong sampah pintar sebagai media pembelajaran bisa lebih efektif untuk pengembangan kemampuan kemandirian kebersihan lingkungan anak.
Penelitian ini menggunakan tindakan kelas, dengan 3 siklus , yang masing-masing siklus terdiri dari 4 kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil perolehan pada siklus I menunjukkan dari 7 anak didik ada 3 anak didik tuntas belajar sehingga hanya memperoleh nilai ketuntasan belajar sebesar 42%, siklus II terjadi peningkatan sedikit dari 7 anak yang sudah tuntas 4 anak, diperoleh nilai ketuntasan belajar mencapai 58% oleh karena itu perlu diulang pada siklus III. Hasil perolehan siklus III menunjukkan bahwa ketuntasan menjadi 6 anak dari 7 anak, diperoleh ketuntasan belajar mencapai 86%. Maka secara keseluruhan hasil ini sesuai dengan kategori ketuntasan belajar, maka penelitian ini sudah dikatakan berhasil.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan kantong sampah pintar sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan kemandirian kebersihan lingkungan pada anak didik kelompok B usia (3-4) tahun KB KUSUMA MULIA I TAROKAN Kecamatan Tarokan kabupaten Kediri.
Kata kunci : Kemandirian Kebersihan Lingkungan, Kantong Sampah Pintar