MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 3 – 4 TAHUN MELALUI KEGIATAN SENI KIRIGAMI PADA KELOMPOK BERMAIN PAUD IT NURUL IZZAH KECAMATAN GURAH KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

DIANA IZZATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0167

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran di PAUD IT Nurul Izzah selain kegiatan yang monoton, kreatifitas dan pembelajaran yang digunakan juga monoton. Hal tersebut nampak dalam pembelajaran pengembangan fisik motorik halus guru sering dihadapkan pada suatu persoalan yang berkaitan dengan hasil pembelajaran anak dimana hasil tidak sesuai dengan harapan guru. Dalam hal ini diketahui berdasarkan proses evaluasi penilaian pada pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak? (2) Apakah penerapan pembelajaran seni menggunting kirigami dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan motorik halus pada anak-anak di PAUD IT Nurul Izzah. Dan tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok bermain di PAUD IT Nurul Izzah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelas kelompok bermain PAUD IT Nurul Izzah Desa Sukorejo Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Instrument pengumpula data ( Alat Penilaian Perkembangan Anak), dan lembar observasi guru. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak melalui seni menggunting kirigami pada anak kelompok Bermain PAUD IT Nurul Izzah Desa Sukorejo Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran melalui seni menggunting Kirigami dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak (3) Melalui siklus tindakan pembelajaran melalui seni menggunting Kirigami dapat meningkatkan hasil belajar anak, maka hipotetis tindakan diterima. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan (1) tujuan menggunakan seni menggunting kirigami ini adalah untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana belajar anak yang menyenangkan sesuai dunia anak (2) guru masih perlu meneliti terus menerus untuk menemukan temuan-temuan yang lebih kompleks dan memuaskan serta sesuai dengan karakteristik anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI