MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARAHURUF KONSONAN MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA ASMOROBANGUN II PUNCU KEDIRI


Author (Penulis)

TUTIK IRAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0164

Abstract

ABSTRAK Tutik Irawati:Mengembangkan Kemampuan Berbicara Huruf Konsonan Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Asmorobangun II Kecamatan PuncuKabupaten KediriTahunPelajaran 2015-2016, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNPGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuanberbicara huruf konsonananak sangat kurang. Hal ini dapat terlihat dengan masih banyaknya anak yang belumdapatsepenuhnyaterwujudsesuaidengan yang diharapkanpadaaspekpengembanganbahasa. Permasalahan penelitian ini adalah : “Apakah MelaluiMedia Kartu Kata Bergambar dapat MengembangkanKemampuan Berbicara Huruf KonsonanPada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Asmorobangun II Kecamatan PuncuKabupaten KediriTahunPelajaran 2015-2016?”. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah “Melalui penerapan media kartu kata bergambar dapat mengembangkan kemampuan berbicara huruf konsonanPada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Asmorobangun II Kecamatan PuncuKabupaten KediriTahunPelajaran 2015-2016”. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok Ayang berjumlah 20 anak didik, terdiri dari 12anak laki-laki dan 8anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa lembar observasi guru, lembar observasi anak dan hasil penelitian kemampuan anak.Hasil penelitian ini adalah melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif, bahwa dengan menggunakan media kartu kata bergambardapat mengembangkan kemampuan berbicara huruf konsonan anakdidik, danmelalui siklus tindakan pembelajaran dengan penerapansebelumdansesudahpenggunaanmedia kartu kata bergambarterbuktidapat mengembangkan kemampuan berbicara huruf konsonan anakdidik. Hal ini nampak pada anak yang mencapai ketuntasan pada siklus I mencapai 40% dikategorikan kurang, siklus II mencapai 60% dikategorikan cukup dan meningkat pada siklus III menjadi 85 % yang dikategorikan baik.Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media kartu kata bergambar dapat mengembangkan kemampuan berbicara huruf konsonan Pada Anak Kelompok A TK Dharma Wanita Asmorobangun II Kecamatan PuncuKabupaten KediriTahunPelajaran 2015-2016,sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini, diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI