MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM BEKERJASAMA MELALUI PERMAINAN MENGISI AIR KE DALAM PIPA PADA ANAK KELOMPOK A TK ‘AISYIYAH 2 TEGOWANGI PLEMAHAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
KUNTI DWI ANGGRAINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0159
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan bekerjasama ada anak didik di TK masih perlu adanya pengembangan. Oleh karena itu, diperlukan kegiatan yang lebih menarik untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional dalam bekerjasama pada anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik kelompok A TK ‘Aisyiyah 2 Desa Tegowangi Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri yang berjumlah 26 siswa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, menggunakan teknik penelitian observasi dan teknik pengumpulan data lembar observasi, RPPH, dan RPPM.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: Melalui permainan mengisi air ke dalam pipa, kemampuan sosial emosional dalam bekerjasama anak meningkat, ini di tandai dengan peningkatan ketuntasan belajar 53,84 %(kriteria 75 %) pada siklus Idan pada siklus II telah mencapai 83,65 % (kriteria 75 %) sehingga terjadi peningkatan sebesar 21,81 %. Data tersebut menunjukkan bahwa nilai anak telah memenuhi kriteria yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan mengisi air ke dalam pipa dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional dalam bekerjasama dikatakan berhasil.
Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan (1) diharapkan kepala sekolah mendukung adanya permainan mengisi air ke dalam pipa dalam pembelajaran sosial emosional (2) guru dapat menggunakan permainan mengisi air ke dalam pipa ini untuk meningkatkan kemampuan social emosional dalam bekerja sama (3) Orang tua bisa mempraktikkan permainan ini untuk menunjang proses belajar anak (4) Bagi peneliti lain dapat dijadikan bahan referensi.