MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN BERMAIN MENJARING IKAN PADA ANAK KELOMPOK A TK KRISTEN TUNAS HARAPAN KECAMATAN PARE TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

LATIFATUL ISYAROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0155

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran di bidang pengembangan kemampuan motorik kasar di TK kelompok A sangat monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang mengakibatkan hasil belajarnyapun juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah: Apakah dengan kegiatan bermain menjaring ikan dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar anak kelompok A pada TK Kristen Tunas Harapan Kecamatan Pare Tahun Pelajaran 2015/2016 ? Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah setelah dilakukan penelitian tindakan kelas tingkat keberhasilannya adalah kemampuan motorik kasar anak setelah dilakukan tindakan hasilnya lebih baik daripada sebelum dilakukan tindakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK Kristen Tunas Harapan Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, yang berjumlah 13 siswa yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data melalui observasi. Hasil perolehan pada siklus I menunjukkan ketuntasan belajar anak didik 23 %, sedangkan pembelajaran dianggap tuntas jika 75% dari jumlah anak didik telah mendapatkan ??? dan bintang ???? dalam kemampuan motorik kasar, sehingga perlu adanya tindakan pada siklus II. Pada siklus II ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 54% tetapi masih kurang memenuhi standar ketuntasan belajar anak sehingga perlu adanya kegiatan lanjutan pada siklus III dan pada siklus III ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 85%. Nilai pada hasil ini sesuai dengan standar ketuntasan belajar yang diharapkan, maka penelitian ini sudah dikatakan berhasil. Berdasakan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kagiatan menjaring ikan dapat meningkatkan motorik kasar anak kelompok A TK Kristen Tunas Harapan Kecamatan Pare, sehingga hipotesis diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI