MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BALOK ABJAD PADA ANAK KELOMPOK A RA KUSUMA MULIA JEGLES KELING KECAMATAN KEPUNG KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

AINUN SOHIFAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0121

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuanmembacaanak sangat kurang. Hal ini dapat terlihat dengan masih banyaknya anak yang belumdapatsepenuhnyaterwujudsesuaidengan yang diharapkanpadaaspekpengembanganbahasa. Permasalahan penelitian ini adalah: “Apakah MelaluiPenggunaan Media Balok ABJAD dapat MengembangkanKemampuan MembacaPada Anak Kelompok A RA Kusuma Mulia Jegles Keling Kecamatan Kepung Kabupaten KediriTahun Pelajaran 2015-2016?” Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok Ayang berjumlah 20 anak didik, terdiri dari 11anak laki-laki dan 9anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa lembar observasi guru, lembar observasi anak dan hasil penelitian kemampuan anak. Hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif, bahwa dengan menggunakan media balok ABJADdapat mengembangkan kemampuan membaca anakdidik. (2) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat mengetahui perbandingan sebelum dan sesudah menggunakan media balok ABJADterbuktidapat mengembangkan kemampuan membaca anakdidik. Hal ini nampak pada anak yang mencapai ketuntasan pada pra tindakan sebesar 15 %, lalu dilakukan tindakan pada siklus I mencapai 30% dikategorikan kurang, siklus II mencapai 60 % dikategorikan cukup dan meningkat pada siklus III menjadi 95 % yang dikategorikan baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan balok ABJAD dapat mengembangkan kemampuan membacapada anak kelompok A RA Kusuma Mulia Jegles Keling Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015-2016 sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini, diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI