MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI KEGIATAN PERMAINAN MEMANCING KATA PADA ANAK KELOMPOK B TK PKK SELOSARI KECAMATAN KANDAT


Author (Penulis)

MARSIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0114

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi pada tuntutan orang tua yang menginginkan anaknya untuk bisa membaca pada usia dini. Berdasarkan pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran di TK masih didominasi oleh aktifitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnya pun juga rendah.Kegiatan permainan memancing kata adalah kegiatan yang memperkenalkan membaca permulaan dengan menggunakan alat pancing tiruan dan kartu kata. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan mendiskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK PKK Selosari Kecamatan Kandat. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelompok B TK PKK Selosari. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus tiap siklus terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, serta menggunakan isntrumen berupa RPP, lembar unjuk kerja siswa dan lembar observasi aktifitas guru. Proses peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan kegiatan permainan memancing kata dinyatakan berhasil bila kemampuan anak mencapai prosentase minimal yaitu 75%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kegiatan permainan memancing kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK PKK Selosari. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan kemampuan membaca permulaan dari pra siklus 42,1%, siklus I mencapai 47,30%, siklus II mencapai 73,68%, dan siklus III mencapai 84,21%.Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan permainan memancing kata terbukti dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI