MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA LINGKARAN KATA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK KELOMPOK B RA ATTA’AWUN TUGUREJO KECAMATAN NGASEM KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

WIDIYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0113

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa nilai kemampuan berbahasa khususnya membaca masih rendah. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan guru belum dapat menarik perhatian anak untuk mendengarkan materi yang disampaikan. Selain itu, guru tidak menggunakan media pembelajaran yang perlu dipersiapkan sebelumnya. Untuk itu perlu adanya perubahan ke arah pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada anak dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan, yaitu melalui media lingkaran kata dengan menggunakan metode pemberian tugas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Anak belum mampu membaca dengan baik dan lancar karena kegiatan membaca dilakukan guru secara berulang-ulang tanpa memberi variasi di dalamnya, (2) Metode yang digunakan guru belum dapat menarik perhatian anak untuk mendengarkan materi yang disampaikan, (3) Belum menggunakan alat dan media dalam kegiatan membaca, guru hanya menggunakan papan tulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah anak kelompok B RA Atta’awun Tugurejo Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri, Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari siklus I, siklus II dan siklus III. Dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan tahap refleksi. Teknik penilaian menggunakan lembar observasi guru, lembar observer anak dan lembar penugasan anak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa pada siklus I sebanyak 45% dari 29 anak telah memenuhi kriteria ketuntasan, kemudian pada siklus II hasil yang di dapat meningkat menjadi 59%, sedangkan pada siklus III meningkat menjadi 83% anak telah memenuhi kriteria ketuntasan. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian yang berbunyi melalui media lingkaran kata dengan menggunakan metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B RA Atta’awun Tugurejo Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri, diterima.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-22

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI