MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI MEDIA KARTU BOLA PUTAR PADA ANAK KELOMPOK B TK PKK DESA SELOKAJANG KECAMATAN SRENGAT KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

NINDA YUSTIARA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0076

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan membaca perlu dirangsang sejak dini. Namun, membaca bukanlah suatu kegiatan pembelajaran yang mudah. Dengan memperhatikan kemampuan yang dibutuhkan anak dalam belajar membaca, diperlukan kerjasama komponen-komponen lain dalam proses membaca. Guru dapat membimbing anak lebih baik, dan mempersiapkan materi serta metode yang tepat untuk memberi pengajaran membaca pada anak yaitu melalui media kartu. Permasalahan penelitian ini adalah : Apakah penggunaan media kartu bola putar dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak Kelompok B TK PKK Desa Selokajang Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar Tahun pelajaran 2015-2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak Kelompok B TK PKK Desa Selokajang. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa RKH, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas proses belajar pembelajaran. Hasil penelitiannya adalah hasil penilaian kemampuan membaca anak terbukti meningkat, hal tersebut dapat dilihat dari hasil rata-rata observasi kegiatan guru pada siklus I sebesar 70, kemudian Siklus II sebesar 83%, selanjutnya pada siklus III meningkat sebesar 93.33 dan untuk hasil rata-rata observasi terhadap anak pada siklus I sebesar 69.31%, siklus II sebesar 78.40%, kemudian meningkat pada Siklus III sebesar 86.36% Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: penerapan pembelajaran dengan menggunakan media kartu bola putar, dapat meningkatkan kemampuan membaca di Kelompok B TK PKK Desa Selokajang Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Hendaknya kepala sekolah TK PKK Desa Selokajang menyediakan atau memfasilitasi kegiatan belajar dengan berbagai media pembelajaran yang menarik, sehingga dapat digunakan untuk mengembangkan enam aspek pengembangan yang ada di lembaga TK. (2) Disarankan para guru TK PKK Desa Selokajang dapat menggunakan media kartu bola putar untuk mengembangkan kemampuan membaca, karena dengan menggunakan media-media pembelajaran yang menarik dan inovatif kemampuan membaca dapat berkembang dengan baik. Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Media Kartu Bola Putar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI