MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI MEDIA TELEVISI ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A RA AL-HUDA SUGIHWARAS KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

RISKA FADILAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0071

Abstract

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI MEDIA TELEVISI ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A RA AL-HUDA SUGIHWARAS KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Riska Fadilah 12.1.01.11.0071 FKIP-PG-PAUD riskafadhilah2@gmail.com Isfauzi Hadi Nugroho, M.Psi1. , Itot Bian Raharjo, S.Pd., M.M.2 UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI Abstrak Riska Fadilah: Mengembangkan Kemampuan Berhitung permulaan melalui media televisi angka pada anak-anak Kelompok A RA Al-Huda Sugihwaras Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Program Studi PG – PAUD, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan berhitung pada anak-anak kelompok A RA Al-Huda Sugihwaras Tahun Pelajaran 2015/2016 masih rendah. Ini disebabkan oleh sebagian besar anak hanya melakukan kegiatan berhitung di sekolah. Dengan keterbatasan waktu yang ada di sekolah kegiatan berhitung menjadi kurang maksimal. Selain hal itu metode dan media pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik dan hanya menggunakan tulisan di papan tulis, lembar kerja yang menyebabkan anak tidak berminat untuk belajar berhitung. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media televisi angka dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak kelompok A RA Al-Huda Sugihwaras Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian 14 anak kelompok A RA Al-Huda Sugihwaras Kecamatan Prambon. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Instrumen pengumpulan data yang digunakan antara lain Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), lembar observasi untuk peneliti dan lembar penilaian untuk anak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan media televisi angka dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak Kelompok A RA Al-Huda Sugihwaras Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh anak dapat dilihat dari prosentase rata-rata kemampuan berhitung menggunakan media televisi angka yang terus mengalami peningkatan. Pada siklus I kriteria ketuntasan sebesar 36%, kriteria ketuntasan siklus II sebesar 57% dan kriteria ketuntasan meningkat lagi pada siklus III menjadi 86%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan: Tujuan pokok penggunaan media televisi angka adalah untuk mengembangkan kemampuan berhitung permulaan pada anak, oleh sebab itu guru sebaiknya dalam proses pembelajaran termasuk dalam mengembangkan kemampuan berhitung pada anak menggunakan media yang menarik sehingga dalam kemampuan berhitung dapat berkembang secara optimal. Kata Kunci: Berhitung, Permulaan, media, televisi angka.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI