MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI MEDIA TELEVISI ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A RA AL-HUDA SUGIHWARAS KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
RISKA FADILAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0071
Abstract
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI MEDIA TELEVISI ANGKA
PADA ANAK KELOMPOK A RA AL-HUDA SUGIHWARAS KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Riska Fadilah
12.1.01.11.0071
FKIP-PG-PAUD
riskafadhilah2@gmail.com
Isfauzi Hadi Nugroho, M.Psi1. , Itot Bian Raharjo, S.Pd., M.M.2
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
Abstrak
Riska Fadilah: Mengembangkan Kemampuan Berhitung permulaan melalui media televisi angka pada anak-anak Kelompok A RA Al-Huda Sugihwaras Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Program Studi PG – PAUD, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan berhitung pada anak-anak kelompok A RA Al-Huda Sugihwaras Tahun Pelajaran 2015/2016 masih rendah. Ini disebabkan oleh sebagian besar anak hanya melakukan kegiatan berhitung di sekolah. Dengan keterbatasan waktu yang ada di sekolah kegiatan berhitung menjadi kurang maksimal. Selain hal itu metode dan media pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik dan hanya menggunakan tulisan di papan tulis, lembar kerja yang menyebabkan anak tidak berminat untuk belajar berhitung.
Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media televisi angka dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak kelompok A RA Al-Huda Sugihwaras Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian 14 anak kelompok A RA Al-Huda Sugihwaras Kecamatan Prambon. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Instrumen pengumpulan data yang digunakan antara lain Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH), lembar observasi untuk peneliti dan lembar penilaian untuk anak.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan media televisi angka dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan berhitung pada anak Kelompok A RA Al-Huda Sugihwaras Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh anak dapat dilihat dari prosentase rata-rata kemampuan berhitung menggunakan media televisi angka yang terus mengalami peningkatan. Pada siklus I kriteria ketuntasan sebesar 36%, kriteria ketuntasan siklus II sebesar 57% dan kriteria ketuntasan meningkat lagi pada siklus III menjadi 86%.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan: Tujuan pokok penggunaan media televisi angka adalah untuk mengembangkan kemampuan berhitung permulaan pada anak, oleh sebab itu guru sebaiknya dalam proses pembelajaran termasuk dalam mengembangkan kemampuan berhitung pada anak menggunakan media yang menarik sehingga dalam kemampuan berhitung dapat berkembang secara optimal.
Kata Kunci: Berhitung, Permulaan, media, televisi angka.