MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN ESTAFET KARTU PADA ANAK KELOMPOK A TK PERWANIDA I KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

NURUL MAHMUDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0059

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilata rbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kurangnya peningkatan kemam puan mengenal huruf , hal ini dapat dilihat dari kondisi proses pembelajaran yang kurang efektif dan strategi pembelajaran yang masih monoton. Kurangnya stimulasi guru dalam mengenalkan huruf pada anak. Permasalahan penelitian ini adalah apakah pembelajara n melalui permainan estafet kartu dapat mengembangkan kemampuan mengenal huruf anak. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A TK Perwanida I Kota Kediri yang berjumlah 24 anak, terdiri dari 14 anak laki - laki dan 10 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing - masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu peren canaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun penggunaan Instrumen berupa lembar kegiatan peserta didik, RPPM, RPPH, alat penilai an dan lembar penilaian peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan diketahui bahwa terdapat peningkatan kemampuan mengenal huruf anak melalui permainan estafet kartu mulai dari siklus I dengan prosentase ketuntasan belajar mencapai 54,2% siklus II mencapa i 66,7% dan siklus III mencapai 87,5% . Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa tindakan pembelajaran melalui permainan estafet kartu dapat mengembangkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A TK Perwanida I Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016 . B erdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan: (1) bagi guru TK hendaknya dalam pembelajaran hendaknya memberikan strategi kegiatan belajar yang bervariasi untuk menciptakan suasana yang kondusif dan menyenangkan. (2) bagi kepala sekolah hendak nya memberikan fasilitas yang mendukung dalam pembelajaran. (3) bagi peneliti selanjutnya hendaknya menggunakan bahasa yang mudah dipahami anak untuk menyampaikan pesan yang bermakna pada anak. Kata Kunci : Kemampuan berbicara, media boneka jari

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI