MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN ESTAFET KARTU PADA ANAK KELOMPOK A TK PERWANIDA I KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
NURUL MAHMUDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0059
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilata
rbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kurangnya
peningkatan kemam
puan mengenal huruf , hal ini dapat dilihat dari kondisi proses pembelajaran
yang kurang efektif dan strategi pembelajaran yang masih monoton. Kurangnya stimulasi
guru
dalam mengenalkan huruf pada anak.
Permasalahan penelitian ini adalah apakah pembelajara
n melalui permainan estafet kartu
dapat mengembangkan kemampuan mengenal huruf anak. Subyek dalam penelitian ini adalah
anak kelompok A TK Perwanida I Kota Kediri yang berjumlah 24 anak, terdiri dari 14 anak laki
-
laki dan 10 anak perempuan.
Penelitian ini
dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing
-
masing siklus terdiri dari empat
tahapan yaitu peren
canaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Adapun penggunaan
Instrumen berupa
lembar kegiatan peserta didik,
RPPM, RPPH,
alat
penilai
an dan lembar
penilaian
peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan diketahui bahwa terdapat
peningkatan kemampuan mengenal huruf anak melalui permainan estafet kartu mulai dari siklus
I
dengan prosentase ketuntasan belajar mencapai 54,2%
siklus II
mencapa
i 66,7%
dan siklus III
mencapai 87,5%
. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa
tindakan pembelajaran
melalui
permainan estafet kartu dapat mengembangkan kemampuan mengenal huruf pada anak
kelompok A TK Perwanida I Kota Kediri
Tahun Ajaran 2015/2016
.
B
erdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan: (1) bagi guru TK hendaknya
dalam pembelajaran hendaknya memberikan strategi kegiatan belajar yang bervariasi untuk
menciptakan suasana yang kondusif dan menyenangkan. (2) bagi kepala sekolah hendak
nya
memberikan fasilitas yang mendukung dalam pembelajaran. (3) bagi peneliti selanjutnya
hendaknya menggunakan bahasa yang mudah dipahami anak untuk menyampaikan pesan yang
bermakna pada anak.
Kata Kunci
:
Kemampuan berbicara, media boneka jari