MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1 - 10 M ELALUI PERMAINAN SELANCAR DARAT PADA ANAK KELOMPOK A RA TARBIYATUL KHOIRIYAH KECAMATAN PLOSOKLATEN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
RISKA SETIANINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0058
Abstract
RISKA SETIANINGSIH
: Mengembangkan Kemampuan Kognitif Melalui
Permainan Selancar Darat pada Anak Kelompok A RA Tarbiyatul Khoiriyah
Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 Skrispi PG
-
PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Tujuan penelitian ini adalah un
tuk mengembangkan kemampuan kognitif
dalam hal membilang 1
-
10 melalui kegiatan permainan selancar darat pada anak
kelompok A di RA Tarbiyatul Khoiriyah Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri
Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan desain Pene
litian
Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari tiga siklus.
Dimana di masing
–
masing siklus tersebut terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap
perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan atau observasi dan tahap refleksi.
Subjek da
ri penelitian ini ialah anak kelompok A RA Tarbiyatul Khoiriyah
Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 yang
berjumlah 36 anak, yang terdiri dari 20 anak laki
–
laki dan 16 anak perempuan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahw
a dalam penerapan kegiatan permainan
selancar darat mengalami kenaikan persentase ketuntasan belajar mulai dari pra
tindakan, tindakan siklus I dan tindakan siklus II. Dimana dalam tindakan siklus I
anak mengalami ketuntasan belajar dengan persentase keber
hasilan 50% dan pada
tindakan siklus II anak mendapatkan kenaikan persentase belajar sebanyak 31%,
yang artinya dalam tindakan siklus II ini anak mendapatkan persentase ketuntasan
sebesar 81% . Kesimpulan dari hasil penelitian ini ialah penerapan kegiatan
permainan selancar darat berhasil mengembangkan kemampuan kognitif
membilang 1
-
10 pada anak kelompok A RA Tarbiyatul Khoiriyah Kecamatan
Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Berdasarkan dari hasil
kesimpulan tersebut maka disarankan baik
pada kepala sekolah, guru maupun
peneliti agar menerapkan kegiatan permainan selancar darat untuk
mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam hal membilang 1
-
10 dikemudian hari.
Kata kunci: Kognitif, Permainan Selancar Darat.