MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1 - 10 M ELALUI PERMAINAN SELANCAR DARAT PADA ANAK KELOMPOK A RA TARBIYATUL KHOIRIYAH KECAMATAN PLOSOKLATEN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

RISKA SETIANINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0058

Abstract

RISKA SETIANINGSIH : Mengembangkan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Selancar Darat pada Anak Kelompok A RA Tarbiyatul Khoiriyah Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 Skrispi PG - PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Tujuan penelitian ini adalah un tuk mengembangkan kemampuan kognitif dalam hal membilang 1 - 10 melalui kegiatan permainan selancar darat pada anak kelompok A di RA Tarbiyatul Khoiriyah Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan desain Pene litian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari tiga siklus. Dimana di masing – masing siklus tersebut terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan atau observasi dan tahap refleksi. Subjek da ri penelitian ini ialah anak kelompok A RA Tarbiyatul Khoiriyah Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 36 anak, yang terdiri dari 20 anak laki – laki dan 16 anak perempuan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahw a dalam penerapan kegiatan permainan selancar darat mengalami kenaikan persentase ketuntasan belajar mulai dari pra tindakan, tindakan siklus I dan tindakan siklus II. Dimana dalam tindakan siklus I anak mengalami ketuntasan belajar dengan persentase keber hasilan 50% dan pada tindakan siklus II anak mendapatkan kenaikan persentase belajar sebanyak 31%, yang artinya dalam tindakan siklus II ini anak mendapatkan persentase ketuntasan sebesar 81% . Kesimpulan dari hasil penelitian ini ialah penerapan kegiatan permainan selancar darat berhasil mengembangkan kemampuan kognitif membilang 1 - 10 pada anak kelompok A RA Tarbiyatul Khoiriyah Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Berdasarkan dari hasil kesimpulan tersebut maka disarankan baik pada kepala sekolah, guru maupun peneliti agar menerapkan kegiatan permainan selancar darat untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam hal membilang 1 - 10 dikemudian hari. Kata kunci: Kognitif, Permainan Selancar Darat.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI