MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA LOTTO HURUF DI PAUD MUTIARA BANGSA KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
AYU RISTI AMINAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0048
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan bahasa peserta didik di PAUD Mutiara Bangsa masih sangat kurang dan peserta didik kurang berminat dan mudah merasa bosan terhadap pelajaran bahasa. Sehingga suasana kelas menjadi pasif dan membosankan, salah satu sarana untuk mengembangkan kemampuan mengenal huruf peserta didik adalah melalui media lotto huruf.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak di PAUD Mutiara Bangsa Kecamatan Pare Kabupaten Kediri sejummlah 20 anak. Penelitian dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus, menggunakan teknik penilaian, teknk pengumpulan data berupa RKM (Rencana Kegiatan Mingguan), RKH (Rencana Kegiatan
Harian), lembar penilaian unjuk kerja, lembar observasi aktivitas guru.
Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa prosentase pada kemampuan mengenal huruf pada anak yaitu melalui tabel siklus I prosentase mencapai 50%, siklus II mencapai 67,5%, dan siklus III mencapai 78,75%
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah dengan menggunakan media Lotto Huruf dapat mengembangkan kemampuan mengenal huruf pada anak di PAUD Mutiara Bangsa Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, sehingga hipotesis dari penelitian diterima
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Bagi guru agar dapat menggunkan media Lotto Huruf sebagai media pembelajaran di sekolah. (2) Bagi orang tua harus membantu dalam proses pembelajaran seperti membuatkan media pembelajaran di rumah sebagai fasilitas anak. (3) Bagi kepala PAUD supaya mendukung penggunaan media Lotto Huruf untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak. (4) Bagi peneliti lain diharapkan dapat menyempurnakan penelitianya.
Kata kunci : mengenal huruf, media lotto huruf