MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN 1–15 MENGGUNAKAN MEDIA KUPIN PADA ANAK KELOMPOK A PAUD GOOD MORNING FANZ FAMILY KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

BINTI ZULAIKAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0040

Abstract

ABSTRAK BINTI ZULAIKAH: Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan 1–15 Menggunakan Media Kupin Pada Anak Kelompok A PAUD Good Morning Fanz Family Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, PG-PAUD, NPM: 12.1.01.11.0040, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan penelitian, bahwa kemampuan berhitung permulaan 1-15 pada Anak Kelompok A PAUD Good Morning Fanz Family Kecamatan Mojoroto Kota Kediri masih tergolong rendah. Untuk itu, peneliti berupaya untuk melakukan perbaikan melalui media kupin untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan. Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah melalui media kupin (kupu-kupu pintar) dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan 1-15 anak pada Kelompok A PAUD Good Morning Fanz Family Kecamatan Mojoroto Kota Kediri ?”, Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A PAUD Good Morning Fanz Family Kecamatan Mojoroto Kota Kediri pada Tahun pelajaran 2015/2016. Yang berjumlah 16 anak, terdiri dari 9 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan teknik unjuk kerja. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatkan kemampuan berhitung permulaan 1-15 pada anak Kelompok A PAUD Good Morning Fanz Family Kecamatan Mojoroto Kota Kediri sebelum dan sesudah dilakukan tindakan perbaikan melalui media kupin Hasil penelitian yang telah dilakukan pada tindakan siklus I hasil prosentase belajar anak masih mencapai 37,5%, sedangkan pada siklus II prosentase ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 56,25% dan pada tindakan siklus III prosentase ketuntasan belajar anak meningkat sangat baik menjadi 87,5%. Dengan demikian, diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mulai dari pra tindakan sampai dengan tindakan siklus III. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah melalui media kupin dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan 1-15 pada anak Kelompok A PAUD Good Morning Fanz Family Kecamatan Mojoroto Kota Kediri pada Tahun Pelajaran 2015/2016, sehingga hipotesis tindakan, diterima. Kata kunci: Berhitung, permulaan, kupin

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI