MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN 1–15 MENGGUNAKAN MEDIA KUPIN PADA ANAK KELOMPOK A PAUD GOOD MORNING FANZ FAMILY KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
BINTI ZULAIKAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0040
Abstract
ABSTRAK
BINTI ZULAIKAH: Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan 1–15 Menggunakan Media Kupin Pada Anak Kelompok A PAUD Good Morning Fanz Family Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, PG-PAUD, NPM: 12.1.01.11.0040, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan penelitian, bahwa kemampuan berhitung permulaan 1-15 pada Anak Kelompok A PAUD Good Morning Fanz Family Kecamatan Mojoroto Kota Kediri masih tergolong rendah. Untuk itu, peneliti berupaya untuk melakukan perbaikan melalui media kupin untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan.
Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah melalui media kupin (kupu-kupu pintar) dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan 1-15 anak pada Kelompok A PAUD Good Morning Fanz Family Kecamatan Mojoroto Kota Kediri ?”,
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A PAUD Good Morning Fanz Family Kecamatan Mojoroto Kota Kediri pada Tahun pelajaran 2015/2016. Yang berjumlah 16 anak, terdiri dari 9 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Adapun metode pengumpulan data menggunakan teknik unjuk kerja.
Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatkan kemampuan berhitung permulaan 1-15 pada anak Kelompok A PAUD Good Morning Fanz Family Kecamatan Mojoroto Kota Kediri sebelum dan sesudah dilakukan tindakan perbaikan melalui media kupin
Hasil penelitian yang telah dilakukan pada tindakan siklus I hasil prosentase belajar anak masih mencapai 37,5%, sedangkan pada siklus II prosentase ketuntasan belajar anak meningkat menjadi 56,25% dan pada tindakan siklus III prosentase ketuntasan belajar anak meningkat sangat baik menjadi 87,5%. Dengan demikian, diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar mulai dari pra tindakan sampai dengan tindakan siklus III.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah melalui media kupin dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan 1-15 pada anak Kelompok A PAUD Good Morning Fanz Family Kecamatan Mojoroto Kota Kediri pada Tahun Pelajaran 2015/2016, sehingga hipotesis tindakan, diterima.
Kata kunci: Berhitung, permulaan, kupin