MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 MENGGUNAKAN MEDIA KURA-KURA ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A PAUD PERSANDIKA KEDIRI


Author (Penulis)

ANA MASRURIN NIZAM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0033

Abstract

ABSTRAK Ana Masrurin Nizam: Mengembangkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Menggunakan Media Kura-Kura Angka Pada Anak Kelompok A PAUD PERSANDIKA Kediri, Skripsi, PGPAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata kunci: kemampuan mengenal lambang bilangan, kura-kura angka Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa di Kelompok A PAUD PERSANDIKA Kediri terjadi kurangnya peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10. Hal ini dapat dilihat dari kondisi proses pembelajaran yang pasif, sehingga proses pembelajaran kurang efektif dan efisien. Strategi pembelajaran yang digunakan masih membuat anak merasa bosan. Selain itu guru kurang memberikan stimulasi-stimulasi yang menarik yang sesuai dengan usia dan tahap perkembangan anak. Permasalahan yang akan dipecahkan dalam Penelitian ini adalah apakah penggunaan media Kura-kura Angka dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak kelompok A PAUD PERSANDIKA Kediri Tahun Ajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak kelompok A PAUD PERSANDIKA Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, yang berjumlah 15 anak terdiri dari 11 laki-laki dan 4 anak perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPPM, RPPH, lembar penilaian kemampuan anak, lembar observasi aktivitas anak didik, lembar observasi aktifitas guru. Simpulan hasil penelitian ini adalah bahwa penggunaan media Kura-Kura Angka dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak kelompok A PAUD PERSANDIKA KEDIRI Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak dari pra tindakan sebesar 26,67%, pada siklus I mencapai ketuntasan sebesar 53,33%, siklus II meningkat sebesar 60%, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 86,67%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, peneliti mengajukan saran kepada : 1) Guru, untuk menggunakan media pembelajaran yang menarik seperti media Kura-Kura Angka sebagai media pembelajaran yang kreatif untuk mengembangkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10, 2) Kepala Sekolah dapat menyediakan sarana dan prasarana yang lebih baik dan lebih menarik untuk kegiatan pengembangan kemampuan kognitif, khusunya kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10, misalnya media Kura-Kura Angka.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI