MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA JAM GAMBAR PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN PAUD AL-ISHLAH DESA TAMBAKREJO KECAMATAN GURAH KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

DEWI SRI ASTUTIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0030

Abstract

ABSTRAK DEWI SRI ASTUTIK, 12.1.01.11.0030 : Meningkatkan Keterampilan Berbicara menggunakan Media Jam Gambar Pada Anak Usia 3-4 tahun PAUD AL-ISHLAH Desa Tambakrejo Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa keterampilan berbicara pada anakUsia 3-4 Tahun PAUD AL ISHLAH Desa Tambakrejo Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri masih rendah, halini disebabkan karena aktivitas pembelajaran yang diberikan oleh guru kurang bervariasi, membuat anak didik juga kurang berminat dalam kegiatan motorik halus dan kegiatan pembelajaran yang disajikan kurang memasukkan unsur permainan, sehingga kegiatannya monoton dan tidak menarik bagi anak. Rumusan permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah ”Apakah penggunaan Media Jam Gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak usia 3-4 tahun PAUD AL ISHLAH Desa Tambakrejo Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016?”. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian 11anak Usia 3-4 Tahun PAUD AL ISHLAH Desa Tambakrejo yang terdiri dari 5 anak didik laki-laki dan 6 anak didik perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan teknik penilaian berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), lembar observasi guru dan lembar penilaian untuk anak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa Media Jam Gambar dapat meningkatkan Keterampilan Berbicara anak usia 3-4 tahun PAUD AL ISHLAH Desa Tambakrejo Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016.Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan ketampilan berbicara pada anak, pada siklus I mencapai ketuntasan sebesar 38,6%, siklus II meningkat sebesar 63,6% dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 84,1%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, peneliti mengajukan saran kepada: 1) Kepala sekolah hendaknya memotivasi guru untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas manakala ada hambatan yang ditemui dalam proses pembelajaran, 2) Guru PAUD, untuk menggunakan media yang menarik seperti media jam gambar sebagai kegiatan pembelajaran yang menyenangkan untuk mengembangkan ketrampilan berbicara pada anak, 3) Bagi peneliti lain, untuk dapat membuat penelitian yang dapat meningkatkan ketrampilan berbicara pada anak melalui kegiatan lain. Kata Kunci : keterampilan berbicara, media jam gambar,anak usia dini

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI