MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BOLA KATA PADA ANAK KELOMPOK B TK IT AL AQSHA REMBANG KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

RIDHA FITRIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0026

Abstract

ABSTRAK RidhaFitriana:Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Bola Kata pada Anak Kelompok B TK IT Al-Aqsha Rembang Kecamatan NgadiluwihKabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015-2016, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UNPGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan pengamatan di TK IT Al-Aqsha Rembang Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015-2016 khususnya pada kelompok B. Dari hasil observasi awal yang dilakukan peneliti menemukan adanya masalah yaitu rendahnya minat anak didikdalam belajar membaca, anak lebih menyukai pembelajaran motorik halus, berhitung, dan bermain di luarruangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok BTK IT Al-Aqsha Rembang Kecamatan NgadiluwihKabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015-2016. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklusterdiridari 4 tahapyaituPerencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, danRefleksi. Penelitian dilaksanakan denganmetodeunjukkerja menggunakan instrumen RPPM, RPPH, lembarpenilaianunjukkerjaanakdanobservasi guru.Tujuan pokok pembelajaran membaca permulaan melalui media bola kata adalah untuk untukmengetahuimelalui media bola kata dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B TK IT Al-AqshaRembang Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015-2016.Hasilpenelitianiniadalahdenganmenggunakan Media Bola Kata dapatdibuktikankeefektifannyauntukmengembangkankemampuanbahasamelaluikegiatanmengelompokkansuku kata awal yang samamenggunakan Media Bola Kata padaanakkelompok B TK IT Al-Aqsha Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan pada tindakan diklus 1 ada 35%, tindakan siklus II 56 %, dan pada tindakan siklus III 96 %.Hasil tindakan setelah siklus III melebihi 75% maka hipotesis tindakan diterima.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah membaca permulaan melalui media bola kata mempunyai pengaruh positif yaitu dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaanpada anakkelompok BTK IT Al-Aqsha Rembang Kecamatan NgadiluwihKabupaten Kediri Tahun Ajaran 2015-2016,. Kata kunci: Kemampuan Membaca Permulaan, Media Bola Kata,AnakKelompok B

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI