MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA DADU BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI II NGROMBOT KECAMATAN PATIANROWO KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

WARITSATUL ISTIQOMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.11.0022

Abstract

ABSTRAK Waritsatul Istiqomah: Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Dadu Bergambar pada Anak Kelompok B TK Pertiwi II Ngrombot Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan berbicara yang telah dilaksanakan selama ini belum maksimal hasilnya. Oleh karena itu, penulis mengangkat masalah ini sebagai penelitian tindakan kelas. Rumusan masalah dalam pembelajaran adalah: Apakah pembelajaran melalui metode bercerita menggunakan media dadu bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B TK Pertiwi II Ngrombot Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui kegiatan bercerita menggunakan media dadu bergambar dapat mengembangkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B TK Pertiwi II Ngrombot. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa Rencana Kegiatan Mingguan, Rencana Kegiatan Harian, lembar instrumen unjuk kerja kemampuan anak, lembar observasi aktivitas peneliti dan dokumentasi, sedangkan untuk analisis data digunakan teknik deskriptif kuantitatif. Dalam mengumpulkan data tentang kemampuan bahasa dalam berbicara dilakukan pada anak kelompok B TK Pertiwi II Ngrombot Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk dengan 17 anak. Terdiri dari 7 laki-laki dan 10 perempuan. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa prosentase pada kemampuan berbicara anak yaitu melalui tabel siklus I prosentase mencapai 35,3%, siklus II mencapai 58,8%, dan siklus III mencapai 82,4%. Kemampuan berbicara melalui metode bercerita menggunakan media dadu bergambar pada kelompok B TK Pertiwi II Ngrombot Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016 mengalami perubahan yang sangat baik dari siklus I, siklus II ke siklus III. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Bagi Kepala TK: Penyediaan media dadu bergambar yang lebih kreatif dan inovatif sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak di TK Pertiwi II Ngrombot Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk demi tercapainya tujuan pembelajaran. (2) Bagi Guru TK: Hendaknya dalam proses pengembangan kemampuan berbicara pada anak menggunakan media yang menarik sehingga anak akan lebih tertarik, semangat dan tidak merasa bosan dalam kegiatan pembelajaran yang ada. Salah satu media yang terbukti efektif untuk mengembangkan kemampuan berbicara adalah menggunakan media dadu bergambar. Kata Kunci: berbicara, bercerita, dadu.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI