MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA DADU BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI II NGROMBOT KECAMATAN PATIANROWO KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
WARITSATUL ISTIQOMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0022
Abstract
ABSTRAK
Waritsatul Istiqomah: Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bercerita Menggunakan
Media Dadu Bergambar pada Anak Kelompok B TK Pertiwi II Ngrombot Kecamatan Patianrowo
Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan
berbicara yang telah dilaksanakan selama ini belum maksimal hasilnya. Oleh karena itu, penulis
mengangkat masalah ini sebagai penelitian tindakan kelas.
Rumusan masalah dalam pembelajaran adalah: Apakah pembelajaran melalui metode bercerita
menggunakan media dadu bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B
TK Pertiwi II Ngrombot Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016?”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui kegiatan bercerita menggunakan media
dadu bergambar dapat mengembangkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B TK Pertiwi II
Ngrombot. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa Rencana Kegiatan Mingguan, Rencana
Kegiatan Harian, lembar instrumen unjuk kerja kemampuan anak, lembar observasi aktivitas peneliti dan
dokumentasi, sedangkan untuk analisis data digunakan teknik deskriptif kuantitatif.
Dalam mengumpulkan data tentang kemampuan bahasa dalam berbicara dilakukan pada anak
kelompok B TK Pertiwi II Ngrombot Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk dengan 17 anak.
Terdiri dari 7 laki-laki dan 10 perempuan.
Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa prosentase pada kemampuan berbicara anak yaitu
melalui tabel siklus I prosentase mencapai 35,3%, siklus II mencapai 58,8%, dan siklus III mencapai
82,4%.
Kemampuan berbicara melalui metode bercerita menggunakan media dadu bergambar pada
kelompok B TK Pertiwi II Ngrombot Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran
2015/2016 mengalami perubahan yang sangat baik dari siklus I, siklus II ke siklus III.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Bagi Kepala TK: Penyediaan
media dadu bergambar yang lebih kreatif dan inovatif sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan
berbicara pada anak di TK Pertiwi II Ngrombot Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk demi
tercapainya tujuan pembelajaran. (2) Bagi Guru TK: Hendaknya dalam proses pengembangan
kemampuan berbicara pada anak menggunakan media yang menarik sehingga anak akan lebih tertarik,
semangat dan tidak merasa bosan dalam kegiatan pembelajaran yang ada. Salah satu media yang terbukti
efektif untuk mengembangkan kemampuan berbicara adalah menggunakan media dadu bergambar.
Kata Kunci: berbicara, bercerita, dadu.