MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KOTAK KREATIF PADA ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA II PECUK KECAMATAN PATIANROWO KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
ILMA FITRIYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0021
Abstract
Abstrak
Ilma Fitriya: Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kotak Kreatif Pada Anak Kelompok B Di TK Dharma Wanita II Pecuk Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, PG-PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2015.
Penelitian ini dilator belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa kegiatan pembelajaran kemampuan membaca permulaan pada anak belum membuahkan hasil yang maksimal. Sebaga iindikator dengan kemampuan membaca permulaan pada TK Dharma Wanita II Pecuk Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk masih sangat rendah.
Permasalahan peneliti ini adalah apakah melalui penggunaan media kotak kreatif dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B TK Dharma Wanita II Pecuk Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk Tahun 2015/2016?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok B TK Dharma Wanita II Pecuk. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrument berupa Rencana Kegiatan Mingguan, Rencana Kegiatan Harian, instrument pengumpulan data, instrument lembar penilaian unjuk kerja, lembar observasi guru dan dokumentasi, sedangkan untuk analisis data digunakan teknik deskriptif kuantitatif.
Dalam mengumpulkan data tentang kemampuan bahasa dalam membaca dilakukan pada anak kelompok B TK Dharma Wanita II Pecuk Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk dengan 16 anak. Terdiri dari 9 anak perempuan dan 7 anak laki-laki.
Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa prosentase pada kemampuan membaca pada anak yaitu melalui tabel siklus I prosentase mencapai 31,2%, siklus II mencapai 56,3%, dan siklus III mencapai 81,25%.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan media kotak kreatif dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Dharma Wanita II Pecuk Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016 dan mengalami perubahan yang sangat baik dari siklus I, siklus II kesiklus III.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Bagi Kepala TK: untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B penyediaan media yang lebih variatif dan kreatif sangat baik untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak di TK Dharma Wanita II Pecuk Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk. (2) Bagi Guru TK: hendaknya dalam proses mengembangkan kemampuan membaca menggunakan media yang menarik sehingga anak akan lebih semangat dan tidak merasa bosan dalam kegiatan pembelajaran yang ada. Salah satu media yang terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca adalah menggunakan media kotak kreatif.
Kata Kunci: Membaca, permulaan, kotak kreatif