MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SAINS PERMULAAN MELALUI PERCOBAAN PERTUMBUHAN TANAMAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA ANAK KELOMPOK A SEKOLAH ALAM RAMADHANI KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
BINTI NUR AFIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0013
Abstract
ABSTRAK
BINTI NUR AFIDAH: Mengembangkan Kemampuan Sains Permulaan Melalui Percobaan Pertumbuhan Tanaman Menggunakan Metode Eksperimen Pada Anak Kelompok A Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, PGPAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kemampuan sains permulaan melalui percobaan pertumbuhan tanaman menggunakan metode eksperimen pada anak Kelompok A Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri masih sangat rendah. Hal ini disebabkan karena guru kurang konsisten dan terus menerus mendampingi anak dalam setiap proses pertumbuhan tanaman kecambah. Akibatnya masih banyak anak didik yang belum mengenal konsep pertumbuhan tanaman kecambah. Permasalahan peneliti ini adalah apakah melalui metode eksperimen dapat mengembangkan kemampuan sains permulaan dalam percobaan pertumbuhan tanaman kecambah pada anak kelompok A Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus dan menggunakan instrument berupa RPPH dan RPPM. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar penilaian unjuk kerja anak dan lembar observasi guru. Analisis data memperoleh hasil pada setiap siklus menunjukkan tingkat keberhasilan anak sewaktu proses pembelajaran berlangsung. Hal ini dapat dibuktikan dengan kegiatan pra tindakan memilikiprosentase ketuntasan 54,2% kemudian pada siklus I memiliki prosentase ketuntasan mencapai 66,7%, dilanjutkan pada siklus II terbukti bahwa penerapan metode eksperimen dapat mengembangkan kemampuan sains permulaan anak, dibuktikan dengan prosentase ketuntasan mencapai 80,6%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tindakan pembelajaran melalui metode eksperimen dapat mengembangkan kemampuan sains permulaan dalam percobaan pertumbuhan tanaman kecambah pada anak kelompok A Sekolah Alam Ramadhani Kecamatan Mojoroto Kediri Kota Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci : Kemampuan Sains Permulaan dalam Percobaan Pertumbuhan Tanaman Kecambah, Metode Eksperimen