MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN MELEMPAR MENGGUNAKAN MEDIA BOLA AIR PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA NGETREP KECAMATAN MOJO KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
CANDRA AGUS SETIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.11.0011
Abstract
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK KASAR
MELALUI KEGIATAN MELEMPAR MENGGUNAKAN MEDIA
BOLA AIR PADA ANAK KELOMPOK A TK DHARMA WANITA
NGETREP KECAMATAN MOJO KOTA KEDIRI
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
CANDRA AGUS SETIANI
NPM: 12.1.01.11.0011
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri
Jl. KH. Achmad Dahlan No. 76 Telp. (0354) 776706 Kediri 64112
ABSTRAK
CANDRA AGUS SETIANI: Mengembangkan kemampuan Fisik Motorik Kasar Melalui Kegiatan Melempar Menggunakan Media Bola Air Pada Anak Kelompok A Tk Dharma Wanita Ngetrep Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016 , Skripsi, PG PAUD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Dalam pembelajaran pemgembangan motorik kasar guru sering dihadapkan pada suatu persoalan yang berkaitan dengan hasil kegiatan pada anak dimana hasil tersebut tidak sesuai dengan harapan guru. Berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa proses pembelajaran di kelompok A TK Dharma Wanita Ngetrep ditemukan adanya permasalahan yaitu kurang berkembangnya motorik kasar anak. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dilakukan pembelajaran melalui kegiatan melempar dengan menggunakan media Bola Air, di tambahkan dengan kreasi pada media dengan berbagai warna yang dapat meningkatkan ketertarik anak pada permainan melempar Bola Air .Permasalahan penelitian ini adalah “Apakah Media Bola Air dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar pada Anak kelompok A di TK Dharma Wanita Ngetrep Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri?”.Peneliti ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok A TK Dharma Wanita Ngetrep Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, yang setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Menggunakan instrument RPPM, RPPH, instrument observasi untuk anak dan guru. Data tentang kemampuan kemandirian anak dalam kegiatan pembelajaran diperoleh dari observasi dan unjuk kerja yang analisis dengan rumus prosentase. Hasil penelitian ini adalah dengan menggunakan Media Bola Air dapat dibuktikan keefektifannya untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan melempar menggunakan media bola air pada anak kelompok A TK Dharma Wanita Ngetrep Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan pada tindakan siklus I ada 35,71%, tindakan Siklus II 57,14%, dan pada tindakan Siklus III 85,71%. Hasil tindakan setelah Siklus III melebihi75%,maka hipotesis tindakan, diterima.
Kata kunci: Kegiatan Motorik Kasar, Kemampuan Melempar, Media Bola Air