PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMBERIKAN CONTOH PENGARUH GLOBALISASI DENGAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA KELAS IV SDN MANYARAN 4 KECAMATAN BANYAKAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016 - 2017


Author (Penulis)

MAESAROH PUROWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0475P

Abstract

ABSTRAK MAESAROH PUROWATI: Peningkatan Hasil Belajar Memberikan Contoh Pengaruh Globalisasi Dengan Model Quantum Teaching Pada Kelas IV SDN Manyaran 4 Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran PKn di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Guru dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah sehingga mengakibatkan banyak siswa yang tidak faham dengan materi yang disampaikan. Ini menyebabkan siswa tidak aktif bertanya apabila belum mengerti dan tidak mampu menjawab pertanyaan – pertanyaan yang diberikan. Selain itu, minat belajar siswa juga rendah. Berbagai permasalahan tersebut menjadi penyebab tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Hal ini dapat ditunjukkan dari 14, siswa 9 siswa yang mendapat nilai dibawah KKM. KKM yang ditentukan pada mata pelajaran PKn adalah ( 6.50 ). Beberapa siswa belum belajar sampai tingkat pemahaman, sehingga kesimpulan yang dapat diambil dari rendahnya nilai prestasi siswa karena siswa tidak berani untuk bertanya dan penggunaan metode dalam pembelajaran yang harus dilakukan perbaikan. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan tidak percaya diri. Hal tersebut nampak dari hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan hasil belajar memberikan contoh pengaruh globalisasi dengan model Quantum Teaching pada siswa kelas IV SDN Manyaran 4 dan (2) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar memberikan contoh pengaruh globalisasi dengan menggunakan model Quantum Teaching pada siswa kelas IV SDN Manyaran 4. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Manyaran 4. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis rata-rata. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) hasil pembelajaran memberikan contoh pengaruh globalisasi dengan model Quantum Teaching siswa kelas IV SDN Manyaran 4 pada siklus I sebesar 48,57 atau dengan persentase ketuntasan 54% pada siklus II meningkat dengan rata – rata 78,57 atau dengan persentase ketuntasan sebesar 95%. Peningkatan hasil belajar siswa diasumsikan merupakan akibat dari perlakuan yang diberikan penekanan yang lebih kepada siswa dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching; dan (2) penggunaan model Quantum Teaching terbukti dapat meningkatkan hasil belajar memberikan contoh pengaruh globalisasi di kelas IV SDN Manyaran 4 Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Kata Kunci: Quantum Teaching, hasil belajar, globalisasi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI