PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI CIRI-CIRI DAN KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP PADA SISWA KELAS III SDN PURWOASRI 1 KECAMATAN PURWOASRI KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

WINDA FEBRINA E.R
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0445

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan, bahwa kemampuan mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup siswa kelas III SDN Purwoasri 1 masih rendah. Buktinya dari hasil ulangan 57,70% siswa mendapatkan nilai di bawah KKM yang telah ditentukan sekolah. Hal ini disebabkan tidak adanya model dan media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran tersebut sehingga siswa kurang konsentrasi dan aktif dalam belajar. Untuk mengatasi masalah di atas, diperlukan penerapan model pembelajaran yang inovatif dan media yang tepat, yaitu model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) didukung media gambar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup sebelum menggunakan model pembelajaran Team Asissted Individualization didukung media gambar pada siswa kelas III SDN Purwoasri 1 Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun pelajaran 2018/2019?. 2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup sesudah menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualitazion didukung media gambar pada siswa kelas III SDN Purwoasri 1 Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun pelajaran 2018/2019?. 3) Adakah pengaruh model pembelajaran Team Asissted Individualitazion didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup pada siswa kelas III SDN Purwoasri 1 Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun pelajaran 2018/2019?. Subyek penelitian ini siswa kelas III di SDN Purwoasri 1 sebanyak 26 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik one-group pretest-posttest design dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes dan angket. Sedangkan instrumen penelitian menggunakan soal uraian berjumlah 10 soal. Teknik analisis data menggunakan statistik mencari nilai rata-rata dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Siswa kelas III SDN Purwoasri 1 Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri kurang mampu mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup sebelum menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization didukung media gambar. Dengan nilai rata-rata pretest adalah 68,8. 2) Siswa kelas III SDN Purwoasri 1 Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri mampu mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup sesudah menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization didukung media gambar. Dengan nilai rata-rata posttest adalah 90,2. 3) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup pada siswa kelas III SDN Purwoasri 1 Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun pelajaran 2018?2019. Dengan thitung 12,58 ? ttabel 2,007 pada taraf signifikan 5%, sehingga Ha diterima. Kata kunci: Model Pembelajaran Team Assisted Individualization, Media Gambar, Kemampuan Mengidentifikasi Ciri-Ciri Dan Kebutuhan Makhluk Hidup.

Keyword

a

Reference

Arsyad, Azhar. 2012. Media Pembela-jaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Kusnandi, Cecep, dkk. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia. Shoimin, Aris. 2014. Model Pembela-jaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar – Ruzz Media Slavin, E. Robert, 2013. Kooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media. Sudjana, Nana dan Rivai Ahmad. 2010. Penelitian dan Penilaian Pendidi-kan. Jakarta: Sinar Baru Algesindo Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian dan Pendidikan. Bandung : PT Remaja. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Kencana Pre-nadamedia Group.

PUBLISHED

2019-07-25

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI