PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI FUNGSI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA PADA SISWA KELAS V SDN TIRU LOR 1 KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

SUNDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0442

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan yang menunjukkan bahwa guru masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran IPA. Hal ini membuat siswa menjadi jenuh dan pasif sehingga tidak tertarik pada pelajaran dan mengakibatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA menjadi rendah serta hasil belajar siswa menjadi kurang maksimal. Permasalahan penelitian ini meliputi : (1) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia menggunakan model pembelajaran bertukar pasangan didukung media gambar pada siswa kelas V SDN TiruLor 1 Kabupaten Kediri Tahun pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia dengan menggunakan model pembelajaran bertukar pasangan pada siswa kelas V SDN Tiru Lor 1 Kabupaten Kediri Tahun pelajaran 2016/2017? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran bertukar pasangan didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia pada siswa kelas V SDN Tiru Lor 1 Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tiru Lor 1 Kabupaten Kediri, kelas Va sebagai kelompok eksperimen berjumlah 25 siswa dan kelas Vb sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes tulis dan bentuk instrumennya berupa isian berjumlah 10 butir. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji- t. Hasil penelitian ini : (1) Kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia dengan model pembelajaran bertukar pasangan didukung media gambar siswa kelas V-A SDN Tiru Lor 1 Tahun Pelajaran 2016/2017 dinyatakan nilai rata-rata sudah diatas KKM yaitu 84. (2) Kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia dengan model pembelajaran bertukar pasangan tanpa didukung media gambar siswa kelas V-B SDN Tiru Lor 1 Tahun Pelajaran 2016/2017 dinyatakan nilai rata-rata masih dibawah KKM yaitu 69,29. (3) Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa thitung lebih besar daripada ttabel yaitu 5,75 > 2,060. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan dalam penggunaan model pembelajaran bertukar pasangan didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia siswa kelas V SDN Tiru Lor 1 Tahun Pelajaran 2016/2017. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, guru dapat memanfaatkan model bertukar pasangan didukung media gambar untuk memudahkan penyampaian materi fungsi organ pernapasan manusia. Kata kunci : Model Pembelajaran Bertukar Pasangan, Media Gambar, Mengidentifikasi Fungsi Organ Pernapasan Manusia.

Keyword

Model Pembelajaran Bertukar Pasangan, Media Gambar, Mengidentifikasi Fungsi Organ Pernapasan Manusia

Reference


PUBLISHED

2018-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade