PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN POSISI BULAN DAN KENAMPAKAN BUMI PADA SISWA KELAS IV SDN SUKORAME TAHUN AJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

RIA NUR LAELA FITRIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0411

Abstract

Abstrak Ria Nur Laela Fitriana: Pengaruh model pembelajaran STAD dan metode pembelajaran Discovery terhadap kemampuan siswa mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Sukorame kota Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata kunci: STAD, Discovery, Mendeskripsikan posisi bulan. Penelitian ini dilatar belakangi pengajaran IPA pada siswa sekolah dasar untuk memperkenalkan ilmu pengetahuan alam dalam kehidupan sehari-hari. Namun beberapa kendala yaitu materi yang terlalu banyak dan kurangnya pengetahuan guru terhadap macam-macam model dan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga proses kegiatan belajar mengajar tidak berlangsung dengan baik dan tujuan pembelajaran kurang tercapai dengan maksimal. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi tanpa menggunakan model pembelajaran STAD dan metode pembelajaran Discovery pada siswa kelas IV SDN Sukorame tahun ajaran 2015-2016? (2) Bagaimakah kemampuan mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dengan menggunakan model pembelajaran STAD dan metode pembelajaran Discovery pada siswa kelas IV SDN Sukorame tahun ajaran 2015-2016? (3) Apakah ada perbedaan kemampuan mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi antara menggunakan model pembelajaran STAD dan metode pembelajaran Discovery dan tanpa menggunakan model pembelajaran STAD dan metode pembelajaran Discovery pada siswa kelas IV SDN Sukorame tahun ajaran 2015-2016? Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil belajar siswa kelas IV SDN Sukorame 5 kota Kediri sebagai kelas kontrol terhadap kemampuan mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari tanpa menggunakan model pembelajaran STAD dan metode pembelajaran Dicovery masih tergolong rendah. Hal ini dibuktikan dengan melihat nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 65. (2) Hasil belajar siswa kelas IV SDN Sukorame 4 kota Kediri sebagai kelas eksperimen terhadap kemampuan mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari dengan menggunakanmodel pembelajaran STAD dan metode pembelajaran Dicovery sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan melihat nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu mencapai 83,2432. (3) Model pembelajaran STAD dan metode pembelajaran Discovery mempunyai pengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari pada siswa kelas IV SDN Sukorame tahun ajaran 2015-2016. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan (1) Dengan menggunakan model pembelajaran STAD dan metode pembelajaran Discovery, dapat terjalin adanya interaksi antara peserta didik, dapat membangkitkan semangat belajar pada siswa karena suasana kelas yang menyenangkan. (2) Guru diharap untuk menggunakan model pembelajaran STAD dan metode pembelajaran Discovery dalam materi mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI