PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA GAMBAR FOTOGRAFI TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN KEDUDUKAN DAN PERAN ANGGOTA KELUARGA PADA SISWA KELAS II SDN MRICAN 1 TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

MUHAMMAD HASANUDIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0404

Abstract

MUHAMMAD HASANUDIN : Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Gambar Fotografi Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Kedudukan dan Peran Anggota Keluarga pada siswa Kelas II Semester II SDN Mrican 1, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri,2017. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman pribadi, bahwa pembelajaran IPS di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas monotan, pasif, dan membosankan. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnyapun rendah. Permasalahan penelitian ini (1) Apakah hasil belajar siswa Kelas II SDN Mrican I yang diberi pembelajaran dengan menggunakan model konvensional dapat mencapai KKM ? (2) Apakah hasil belajar siswa Kelas II SDN Mrican I yang diberi pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat mencapai KKM? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning didukung media gambar fotografi terhadap kemampuan mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga siswa Kelas II SDN Mrican I ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas II SDN Mrican 1. Penelitian ini dilaksnakan ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar obsevasi aktivitas siswa, kuesioner motivasi belajar dan tes hasil belajar siswa. Kesimpulan hasil belajar penelitian ini adalah (1) Siswa kelas 2 SDN Mrican 1 Kediri pada kelas kontrol yang melakukan pembelajaran tanpa menggunakan model Problem Based Learning dan tanpa didukung media gambar fotografi keterampilan mendeskripsiskan kedudukan dan peran anggota keluarga lebih rendah dibandingkan dengan siswa kelas eksperimen yang melakukan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning didukung media gambar fotografi. (2) Penggunaan model Problem Based Learning didukung media gambar fotografi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan mendeskripsikan peran dan kedudukan anggota keluarga pada siswa kelas 2 SDN Mrican 1 Kediri. (3) Adanya pengaruh penggunaan Model Problem Based Learning didukung media video terhadap kemampuan mendeskripsikan peran dan kedudukan anggota keluarga pada siswa kelas 2 SDN 1 Mrican Kediri membuat siswa menjadi lebih aktif dan antusias dalam merespon materi yang disampaikan sehingga hasil belajar siswa meningkat. Kata Kunci : Problem Based Learning, group investigation, motivasi, hasil belajar, anggota keluarga

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI