PENGARUH MODEL CIRC (COOPERATIVE READING AND COMPOSITION) TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN PIKIRAN POKOK TEKS AGAK PANJANG (150-200 KATA) DENGAN CARA MEMBACA SEKILAS SISWA KELAS IV SDN BUJEL KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN 2016


Author (Penulis)

ENY ROSYIDAH FAJRIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0403

Abstract

PENGARUH MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN PIKIRAN POKOK TEKS AGAK PANJANG (150-200 KATA) DENGAN CARA MEMBACA SEKILAS SISWA KELAS IV SDN BUJEL KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN 2016 ENY ROSYIDAH FAJRIN 12.1.01.10.0403 FKIP - PGSD fajri3n@gmail.com Dibimbing oleh : Dra. Endang Sri Mujiwati, M.Pd. dan Alfi Laila, S.Pd.I, M.Pd. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK ENY ROSYIDAH FAJRIN: Pengaruh Model CIRC (Cooperative Reading and Composition) Terhadap Kemampuan Menemukan Pikiran Pokok Teks Agak Panjang (150-200 Kata) dengan cara Membaca Sekilas Siswa Kelas IV SDN Bujel Kota Kediri Tahun 2016 Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti pembelajaran Bahasa Indonesia di SD siswa tidak begitu memahami materi menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas. Selama ini siswa kurang aktif dalam pembelajaranPermasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sebelum menggunakan model CIRC siswa kelas IV SDN Bujel Kecamatan Mojoroto Kota Kediri? (2) Bagaimana kemampuan menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas sesudah menggunakan model CIRC siswa kelas IV SDN Bujel Kecamatan Mojoroto Kota Kediri? (3) Adakah pengaruh model CIRC terhadap kemampuan menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas siswa kelas IV SDN Bujel Kecamatan Mojoroto Kota Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengann desain One Group Pretest Posttest.Desain ini menggunakan satu kelas dengan diberikan soal pretest di awal kemudian diberikan soal posttest diakhir untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran CIRC. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bujel Kota Kediri.Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan butir soal pilihan ganda.Analisis data yang digunakan yaitu uji-t. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Siswa kelas IV SDN Bujel kurang mampu menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilah sebelum menggunakan model CIRC. Hal tersebut didasarkan pada pengujian hipotesis pertama yaitu rata-rata nilai pretest mendapat nilai di bawah KKM yaitu 60.00. (2) Siswa kelas IV SDN Bujel mampu menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas sesudah menggunakan model CIRC. Hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata nilai posttest yaitu 77,33. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilah sebelum menggunakan model CIRC dan sesudah menggunakan model CIRC. Hal itu dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest dan posttest, yaitu 60.00 dan 77,33 Kata Kunci: Model CIRC, Kemampuan, menemukan pikiran pokok teks, teks agak panjang, membaca sekilas.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI