PENGARUH MODEL CIRC (COOPERATIVE READING AND COMPOSITION) TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN PIKIRAN POKOK TEKS AGAK PANJANG (150-200 KATA) DENGAN CARA MEMBACA SEKILAS SISWA KELAS IV SDN BUJEL KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN 2016
Author (Penulis)
ENY ROSYIDAH FAJRIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0403
Abstract
PENGARUH MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN PIKIRAN POKOK TEKS AGAK PANJANG (150-200 KATA) DENGAN CARA MEMBACA SEKILAS SISWA KELAS IV SDN BUJEL KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN 2016
ENY ROSYIDAH FAJRIN
12.1.01.10.0403
FKIP - PGSD
fajri3n@gmail.com
Dibimbing oleh :
Dra. Endang Sri Mujiwati, M.Pd. dan Alfi Laila, S.Pd.I, M.Pd.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
ENY ROSYIDAH FAJRIN: Pengaruh Model CIRC (Cooperative Reading and Composition) Terhadap Kemampuan Menemukan Pikiran Pokok Teks Agak Panjang (150-200 Kata) dengan cara Membaca Sekilas Siswa Kelas IV SDN Bujel Kota Kediri Tahun 2016
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti pembelajaran Bahasa Indonesia di SD siswa tidak begitu memahami materi menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas. Selama ini siswa kurang aktif dalam pembelajaranPermasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sebelum menggunakan model CIRC siswa kelas IV SDN Bujel Kecamatan Mojoroto Kota Kediri? (2) Bagaimana kemampuan menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas sesudah menggunakan model CIRC siswa kelas IV SDN Bujel Kecamatan Mojoroto Kota Kediri? (3) Adakah pengaruh model CIRC terhadap kemampuan menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas siswa kelas IV SDN Bujel Kecamatan Mojoroto Kota Kediri?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengann desain One Group Pretest Posttest.Desain ini menggunakan satu kelas dengan diberikan soal pretest di awal kemudian diberikan soal posttest diakhir untuk melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran CIRC. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bujel Kota Kediri.Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan butir soal pilihan ganda.Analisis data yang digunakan yaitu uji-t.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Siswa kelas IV SDN Bujel kurang mampu menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilah sebelum menggunakan model CIRC. Hal tersebut didasarkan pada pengujian hipotesis pertama yaitu rata-rata nilai pretest mendapat nilai di bawah KKM yaitu 60.00. (2) Siswa kelas IV SDN Bujel mampu menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas sesudah menggunakan model CIRC. Hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata nilai posttest yaitu 77,33. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menemukan pikiran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilah sebelum menggunakan model CIRC dan sesudah menggunakan model CIRC. Hal itu dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest dan posttest, yaitu 60.00 dan 77,33
Kata Kunci: Model CIRC, Kemampuan, menemukan pikiran pokok teks, teks agak panjang, membaca sekilas.