PENGARUH MODEL ROTARING TRIO EXCHANGE DIDUKUNG MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN PENGARUH PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK TERHADAP DARATAN PADA SISWA KELAS IV SDN GONDANGMANIS KABUPATEN JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

TRI RUCHMANASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0377

Abstract

PENGARUH MODEL ROTARING TRIO EXCHANGE DIDUKUNG MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN PENGARUH PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK TERHADAP DARATAN PADA SISWA KELAS IV SDN GONDANGMANIS KABUPATEN JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Tri Ruchmanasari 12.1.01.10.0377 FKIP - PGSD Dosen Pembimbing 1 : Dr. Andri Pitoyo, M.Pd Dosen Pembimbing 2 : Muhamad Basori, S.Pd.I, M.Pd UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajarn IPA di SD masih didominasi oleh aktivita sklasikal dengan dominasi peran guru yang berakibat pada suasana kelas yang cenderung monoton, pasif, dan membosankan saat proses belajar. Hal tersebut Nampak dari kemampuan siswa dalam menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan yang hasilnya rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan yang diajar dengan menggunakan model konvensional pada siswa kelas IV SDN Gondangmanis Kabupaten Jombang Tahun Pelajaran 2015/2016?.(2) Bagaimana kemampuan menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan yang diajar dengan menggunakan model Rotaring Trio Exchange didukung media kartu bergambar pada siswa kelas IV SDN Gondangmanis Kabupaten Jombang Tahun Pelajaran 2015/2016?. (3) Adakah pengaruh penggunaan model Rotaring Trio Exchange didukung media kartu bergambar pada siswa kelas IV SDN Gondangmanis Kabupaten Jombang Tahun Pelajaran 2015/2016?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel penelitian siswa kelas IV SDN Gondangmanis. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik eksperimen dengan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan desain penelitian Posttest-Only Control Desgin, menggunakan instrumen berupa silabus, RPP, lembar penilaian hasil belajar siswa dan lembar evaluasi siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil belajar siswa pada kemampuan menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan dengan menggunakan model konvensional yang diajar dengan metode konvensional mendapatkan nilai rata-rata 72,608 dengan jumlah 23 siswa terdapat 7 siswa yang belum memenuhi KKM dan 16 siswa yang telah memenuhi KKM. (2) Hasil belajar siswa pada kemampuan menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan dengan menggunakan model Rotaring Trio Exchange didukung media kartu bergambar mendapatkan nilai rata-rata 84,130 dengan jumlah 23 siswa terdapat 3 siswa yang belum memenuhi KKM dan 20 siswa yang telah memenuhi KKM. (3) Ada pengaruh penggunaan model Rotaring Trio Exchange (RTE) didukung media kartu bergambar pada siswa kelas IV SDN Gondangmanis kabupaten Jombang tahun pelajaran 2015/2016 berdasarkan perolehan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (3,587 > 2,015). Kata Kunci : Kata kunci :Rotaring Trio Exchangedidukung media kartu bergambar, pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI