PENGARUH PENDEKATAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELLECTUAL (SAVI) DIDUKUNG MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI DI LINGKUNGAN SEKITAR PADA SISWA KELAS III SDN KAMPUNGDALEM KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

AINUN FITRIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0371

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan terkait dengan suasana pembelajaran di kelas III SDN Kampungdalem Kota Kediri yang masih cenderung verbalistik dan monoton. Dimana tidak sesuai dengan teori proses belajar yang sesungguhnya yakni siswa perlu mengolah dan memahami bukan hanya sekadar menghafal materi. Dampaknya, hasil belajar yang dicapai siswa banyak yang di bawah KKM. Maka perlu adanya penelitian lebih lanjut dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan SAVI terhadap kemampuan siswa kelas III SDN Kampungdalem 4 Kota Kediri dalam mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar. Jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian deskriptif dan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan posttest-only control design dengan populasi penelitian siswa kelas I-VI SDN Kampungdalem 3 dan 4 Kota Kediri dan sampel penelitian kelas III SDN Kampungdalem 3 dan 4 Kota Kediri yang berjumlah 57 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa; soal post-test uraian sebanyak 10 soal. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan (observasi) dan tes tertulis. Sedangkan teknik analisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji t sampel bebas Setelah dilakukannya analisis data, diperoleh hasil bahwa: (1) Aktivitas guru dalam menerapkan Pendekatan SAVI untuk mata pelajaran IPA tentang mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar pada siswa kelas III SDN Kampungdalem 4 Kota Kediri berkategori baik karena selama 4 kali pertemuan terdapat peningkatan aktivitas membimbing siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung; (2) Aktivitas siswa kelas III SDN Kampungdalem 4 Kota Kediri selama proses pembelajaran menggunakan Pendekatan SAVI untuk mata pelajaran IPA tentang Mendeskripsikan Kenampakan Bumi di Lingkungan Sekitar berkategori baik karena selama 4 kali pertemuan terdapat peningkatan aktivitas mendemonstrasikan hasil pekerjaan; (3) Terdapat pengaruh signifikan Pendekatan Pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Kampungdalem 4 Kota Kediri yang ditunjukkan dari hasil perolehan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dimana kurang dari signifikansi yang ditetapkan yakni 0,05 (0,000 < 0,05).

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI