PENGARUH MODEL WORD SQUARE DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENGIDENTIFIKASI JENIS MAKANAN HEWAN MATA PELAJARAN IPA PADA KELAS IV SEMESTER 1 MI MUHAMMADIYAH 1 PARE TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

FACHRUDIN INDRA BACHTIYAR
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0363

Abstract

ABSTRAK Fachrudin Indra Bachtiyar: Pengaruh Model Word Square didukung Media Gambar terhadap Kemampuan Siswa Mengidentifikasi Jenis Makanan Hewan Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah 1 Pare Tahun 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan kegiatan pembelajaran IPA di MI Muhammadiyah menunjukkan kemampuan mengidentifikasi jenis makanan hewan siswa kelas IV pada semester I cenderung rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran IPA yang selama ini dilaksanakan cenderung bersifat konvensional dan masih berpusat pada guru. Guru mendominasi pembelajaran, sehingga motivasi belajar siswa menjadi kurang karena merasa bosan dengan pembelajaran yang ada. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi jenis makanan hewan dengan menggunakan metode ceramah kelas IV semester 1 MI Muhammadiyah 1 Pare tahun ajaran 2015/2016. (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi jenis makanan hewan model Word Square didukung media gambar kelas IV semester 1 MI Muhammadiyah 1 Pare tahun ajaran 2015/2016. (3) Untuk menjelaskan pengaruh pembelajaran dengan penggunaan model Word Square didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis makanan hewan mata pelajaran IPA kelas IV semester 1 MI Muhammadiyah 1 Pare tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas IV MI Muhammadiyah 1 Pare. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas IVA sebagai kelas kontrol dengan penyampaian materi menggunakan model pembelajaran Word Square didukung media gambar dan kelas IVB sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran ceramah. Sedangkan analisis data digunakan t-test (Program SPSS 20.00) Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Kemampuan mengidentifikasi jenis makanan hewan mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode ceramah kelas IV semester 1 MI Muhammadiyah 1 Kecamatan Pare dinyatakan berhasil, dengan hasil analisis nilai rata-rata siswa kelas IVA sebagai kelas kontrol sebesar 81,38 yaitu di atas nilai KKM (2) Kemampuan mengidentifikasi jenis makanan hewan mata pelajaran IPA dengan menggunakan model Word Square didukung media gambar kelas IV semester 1 MI Muhammadiyah 1 Kecamatan Pare dinyatakan berhasil, dengan hasil analisis nilai rata-rata siswa kelas IVB sebagai kelas eksperimen sebesar 94,32 yaitu di atas nilai KKM (3) Ada pengaruh sangat signifikan penggunaan model pembelajaran Word Square didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis makanan hewan mata pelajaran IPA kelas IV MI Muhammadiyah 1 Kecamatan Pare, dengan diketahui nilai thitung (5,96) > ttabel (2,79) pada taraf signifikan 1%. Kata Kunci : model Word Square, media gambar, kemampuan mengidentifikasi jenis makanan hewan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI