PENGARUH MODEL COURSE REVIEW HORAY TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN ENERGI BUNYI YANG TERDAPAT DILINGKUNGAN SEKITAR SERTA SIFAT-SIFATNYA PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II SDN GURAH 1 KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

RIRIS CHOIRUN NISA'
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0354

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SDN Gurah menunjukkan bahwa kemampuan siswa SD kelas IV dalam mendeskripikan energi bunyi masih kurang. Sebagian siswa dapat mendeskripsikan dengan baik, namun kurang memahami betul tentang energi bunyi, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan energi bunyi yang terdapat dilingkungan sekitar serta sifat-sifatnya sebelum menggunakan model pembelajaran Course Review Horay? (2) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan energi bunyi yang terdapat dilingkungan sekitar serta sifat-sifatnya sesudah menggunakan model pembelajaran Course Review Horay? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Course Review Horay dengan media visual terhadap kemampuan siswa dalam mendeskripsikan energi bunyi yang terdapat dilingkungan sekitar serta sifat-sifatnya dikelas SD N Gurah 1 Kabupaten Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas IV sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol, dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 antara tanggal 4 Maret 2016 s.d. 8 Maret 2016. Teknik pengumpulan data antara lain dengan lembar tes selama tindakan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan mendeskripsikan energi bunyi yang terdapat dilingkungan sekitar serta sifat-sifatnya dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay, tanpa media visual didapatkan nilai rata-rata 59,30 (2) Penggunaan model pembelajaran Course Review Horay didukung media visual berpengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mendiskripsikan energi bunyi yang terdapat dilingkungan sekitar serta sifat-sifatnya, dengan nilai rata-rata 73,00 (3) Ada pengaruh yang sangat signifikan antara penggunaan model pembelajaran Course Review Horay dengan media visual terhadap kemampuan siswa dalam mendeskripsikan energi bunyi yang terdapat dilingkungan sekitar serta sifat-sifatnya di kelas IV SDN Gurah 1 Kabupaten Kediri. Berdasarkan hasil dari Uji t t hitung>t tabel (7,442>1,729) Hal ini dapat dilihat dari antara nilai rata-rata model Course Review Horey dengan media(73,00) > nilai rata-rata tanpa course review horey tanpa media visual (59,30). Dari hasil diatas maka dinyatakan ada pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Kata kunci : Course Review Horay, kemampuan, mendeskripsikan, energi bunyi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI