PENGARUH METODE DISCOVERY DIDUKUNG MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI KONSEP PESAWAT SEDERHANA PADA SISWA KELAS V SDN 1 PURWOKERTO KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

ERVINA DWI MULIASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0334

Abstract

ABSTRAK ERVINA DWI MULIASARI: Pengaruh Metode Discovery didukung Media Konkret terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Konsep Pesawat Sederhana pada Siswa Kelas V SDN 1 Purwokerto Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016 Kata kunci : metode discovery, media konkret, konsep pesawat sederhana Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pada materi mengidentifikasi konsep pesawat sederhana kelas V, siswa SDN 1 Purwokerto masih kesulitan untuk mengidentifikasi konsep pesawat sederhana yang dipelajari. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional sehingga pembelajaran belum sepenuhnya berjalan dengan aktif dan kreatif serta kurangnya variasi dalam pembelajaran dan jarangnya penggunaan alat bantu dalam memperjelas gambaran tentang materi yang diajarkan. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tesebut dibutuhkan metode discovery didukung media konkret. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalahnya sebagai berikut: (1) Bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi konsep pesawat sederhana sebelum menggunakan metode discovery didukung media konkret pada siswa kelas V SDN 1 Purwokerto Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016?, (2) Bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi konsep pesawat sederhana setelah menggunakan metode discovery didukung media konkret pada siswa kelas V SDN 1 Purwokerto Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016?, (3) Adakah pengaruh penggunaan metode discovery didukung media konkret dalam mengidentifikasi konsep pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN 1 Purwokerto Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten 2015/2016?. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pre-Test and Post-Test Group Nonrandomized dan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN 1 Purwokerto Ngadiluwih Kediri. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5%. Simpulan dari penelitian ini adalah : (1) Kemampuan mengidentifikasi konsep pesawat sederhana sebelum menggunakan metode discovery didukung media konkret pada siswa kelas V SDN 1 Purwokerto belum tercapai secara maksimal karena rata-ratanya 70,37 < KKM 75, (2) Kemampuan mengidentifikasi konsep pesawat sederhana setelah menggunakan metode discovery didukung media konkret pada siswa kelas V SDN 1 Purwokerto sudah tercapai secara maksimal dengan rata-ratanya 86,03 > KKM 75, (3) Ada pengaruh penggunaan metode discovery didukung media konkret terhadap kemampuan mengidentifikasi konsep pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN 1 Purwokerto Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Diperoleh hasil bahwa thitung 7,45 dan ttabel db 54 sebesar 2,005, hal ini menunjukkan bahwa thitung> ttabel sehingga H0 ditolak pada taraf signifikan 5%

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI