PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMRINCING DI DUKUNG MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V SDN BUJEL TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
HENGKY ARIADI ENDARYANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0322
Abstract
ABSTRAK
HENGKY ARIADI ENDARYANTO: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemrincing Di Dukung Media Konkret Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Sifat-Sifat Cahaya Pada Siswa Kelas V SDN Bujel, Skripsi, PGSD, FKIP, UN PGRI Kediri.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pada materi berpikir kritis sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Bujel masih mengalami kesulitan. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemrincing dan media konkret agar tujuan pembelajaran tercapai. Dari latar belakang masalah ditentukan tujuan penelitiannya sebagai berikut : (1) kemampuan berpikir kritis sifat-sifat cahaya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemring tanpa didukung media gambar siswa kelas V SD? (2) kemampuan berpikir kritis sifat-sifat cahaya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemrincing di dukung media konkret siswa kelas V SD? (3) perbedaan kemampuan berpikir kritis sifat-sifat cahaya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemrincing tanpa didukung media konkret dengan kemampuan berpikir kritis sifat-sifat cahaya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemrincing dengan didukung media konkret siswa V SD?
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Non Random Mized Control Group Pretes-Posttes Design dan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Bujel 2 dan SDN Bujel 3 Kota Kediri. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah tes. Tes yang diberikan berupa soal esai sebanyak 10 butir soal.Analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif. Hasil analisis yang diperoleh nilai rata-rata sebelum menggunakan media konkret (79,41) dan nilai rata-rata sesudah menggunakan media konkret (81,52). Artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran tipe kancing gemrincing didukung media konkret terhadap kemampuan berpikir kritis sifat-sifat cahaya siswa kelas V SD.
Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan berpikir kritis sifat-sifat cahaya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemrincing tanpa di dukung media konkret siswa kelas V SDN Bujel 3 Kota Kediri tahun pelajaran 2015/2016 dikategorikan cukup baik (2) kemampuan berpikir kritis sifat-sifat cahaya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemrincing dengan didukung media konkret siswa kelas V SDN Bujel 2 Kota Kediri tahun pelajaran 2015/2016 dikategorikan baik (3) ada pengaruh signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemrincing didukung media konkret terhadap kemampuan berpikir kritis sifat-sifat cahaya kelas V SDN Bujel Kota Kediri tahun pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kancing Gemrincing, Media Konkret, Sifat-Sifat Cahaya, Berpikir Kritis.