PENGARUH MODEL INKUIRI DIDUKUNG MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PROSES PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS IV SDIT EMPAT MEI KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

RAFIKA SARI HADIFAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0317

Abstract

ABSTRAK RAFIKA SARI HADIFAH, PENGARUH MODEL INKUIRI DIDUKUNG MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PROSES PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS IV SDIT EMPAT MEI KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI, SKRIPSI, PGSD, UN PGRI KEDIRI 2016 Kata Kunci : Model Inkuiri, Media Realia. Mendeskripsikan Proses Perubahan Wujud Benda Penelitian dilakukan dilatarbelakangi hasil pengamatan di SDIT Empat Mei menunjukkan kemampuan mendeskripsikan proses perubahan wujud benda pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDIT Empat Mei ini cenderung rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran cenderung konvensional. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh model inkuiri didukung media realia terhadap kemampuan mendeskripsikan proses perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SDIT Empat Mei Kec. Pare Kab. Kediri. (2) Untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh model inkuiri didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan proses perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SDIT Empat Mei Kec. Pare Kab. Kediri. (3) Untuk membuktikan perbedaan pengaruh antara menggunakan model Inkuiri didukung media realia dibanding dengan model Inkuiri didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan proses perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SDIT Empat Mei Kec. Pare Kab. Kediri. Penelitian ini adalah Nonrandomized Control Group Pretest-postest Design dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Empat Mei Kec. Pare Kab. Kediri. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas IVA sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model inkuiri didukung media gambar dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen dengan model inkuiri didukung media realia dengan menggunakan analisis data uji t-tes. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model inkuiri didukung media realia berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan proses perubahan wujud benda, hal ini terbukti dari hasil perhitungan uji paired sample t-test menghasilkan taraf sig. (2-tailed) 0,000 < signifikan 5%, dengan ketuntasan klasikal 88,25%; (2) Penggunaan model inkuiri didukung media gambar sangat berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan proses perubahan wujud benda, hal ini terbukti dari hasil perhitungan uji paired sample t-test menghasilkan taraf sig. (2-tailed) 0,000 < signifikan 5% dengan ketuntasan klasikal 61,07%; (3) Ada perbedaan pengaruh signifikan terhadap penggunaan model inkuiri didukung media realia dibanding dengan model inkuiri didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan proses perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SDIT Empat Mei Kec. Pare Kab.Kediri. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan uji Independent sample t-test menghasilkan taraf sig. (2-tailed) 0,000 < signifikan 5%yang berarti sangat signifikan. Dengan keunggulan pada model inkuiri didukung media realia yang terbukti dari nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dari pada kelompok kontrol (84,67> 76,25).

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI