PENGARUH MODEL INKUIRI DIDUKUNG MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PROSES PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS IV SDIT EMPAT MEI KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
RAFIKA SARI HADIFAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0317
Abstract
ABSTRAK
RAFIKA SARI HADIFAH, PENGARUH MODEL INKUIRI DIDUKUNG MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PROSES PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS IV SDIT EMPAT MEI KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI, SKRIPSI, PGSD, UN PGRI KEDIRI 2016
Kata Kunci : Model Inkuiri, Media Realia. Mendeskripsikan Proses Perubahan Wujud Benda
Penelitian dilakukan dilatarbelakangi hasil pengamatan di SDIT Empat Mei menunjukkan kemampuan mendeskripsikan proses perubahan wujud benda pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDIT Empat Mei ini cenderung rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran cenderung konvensional.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh model inkuiri didukung media realia terhadap kemampuan mendeskripsikan proses perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SDIT Empat Mei Kec. Pare Kab. Kediri. (2) Untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh model inkuiri didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan proses perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SDIT Empat Mei Kec. Pare Kab. Kediri. (3) Untuk membuktikan perbedaan pengaruh antara menggunakan model Inkuiri didukung media realia dibanding dengan model Inkuiri didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan proses perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SDIT Empat Mei Kec. Pare Kab. Kediri.
Penelitian ini adalah Nonrandomized Control Group Pretest-postest Design dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Empat Mei Kec. Pare Kab. Kediri. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas IVA sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model inkuiri didukung media gambar dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen dengan model inkuiri didukung media realia dengan menggunakan analisis data uji t-tes.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model inkuiri didukung media realia berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan proses perubahan wujud benda, hal ini terbukti dari hasil perhitungan uji paired sample t-test menghasilkan taraf sig. (2-tailed) 0,000 < signifikan 5%, dengan ketuntasan klasikal 88,25%; (2) Penggunaan model inkuiri didukung media gambar sangat berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan proses perubahan wujud benda, hal ini terbukti dari hasil perhitungan uji paired sample t-test menghasilkan taraf sig. (2-tailed) 0,000 < signifikan 5% dengan ketuntasan klasikal 61,07%; (3) Ada perbedaan pengaruh signifikan terhadap penggunaan model inkuiri didukung media realia dibanding dengan model inkuiri didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan proses perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SDIT Empat Mei Kec. Pare Kab.Kediri. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan uji Independent sample t-test menghasilkan taraf sig. (2-tailed) 0,000 < signifikan 5%yang berarti sangat signifikan. Dengan keunggulan pada model inkuiri didukung media realia yang terbukti dari nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dari pada kelompok kontrol (84,67> 76,25).