PENGARUH MEDIA GAMBAR DALAM MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS PEKERJAAN PADA SISWA KELAS III SDN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

WIDYA MONIKASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0314

Abstract

ABSTRAK Widya Monikasari: Pengaruh Media Gambar Dalam Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Jenis-jenis Pekerjaan pada Siswa Kelas III SDN Mojoroto Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2016 Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan bahwa pembelajaran IPS di SDN Mojoroto guru sudah menggunakan model pembelajaran namun model tersebut belum sesuai dan tidak menggunakan media pembelajaran. Akibatnya dalam proses pembelajaran tersebut kurang efektif dan membosankan. Hal tersebut terlihat pada kemampuan siswa kurang dalam memahami materi yang diberikan oleh guru, sehingga harus diupayakan adanya perbaikan kegiatan pembelajaran khususnya yang menyangkut media dan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan tanpa media gambar dalam model CTL pada siswa kelas III SDN Mojoroto Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016 (2) Mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan dengan media gambar dalam model CTL pada siswa kelas III SDN Mojoroto Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016 (3) Menjelaskan pengaruh penggunaan media gambar dalam model CTL terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis perkerjaan pada siswa kelas III SDN Mojoroto Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimen semu “Nonrandomized Control Group Pre test-post test Design”. Subjek penelitian siswa kelas III SDN Mojoroto 4 sebagai kelas kontrol dan SDN Mojoroto 6 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa perangkat pembelajaran dan tes. Tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda sebanyak 10 soal pre test dan post test. Soal tersebut diberikan kepada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan tanpa media gambar dalam model CTL pada siswa kelas III SDN Mojoroto tahun ajaran 2015/2016 sudah baik. Hal ini dibuktikan dari rata-rata nilai siswa 79,8 dengan nilai KKM 70 (2) Kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan menggunakan media gambar dalam model CTL pada siswa kelas III SDN Mojoroto tahun ajaran 2015/2016 sudah sangat baik. Hal ini dibuktikan dari rata-rata nilai siswa 89,9 dengan nilai KKM 70 (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media gambar dalam model CTL terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan pada siswa kelas III SDN Mojoroto tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dari t hitung sebesar 4,2236 dan t tabel (db) 73 sebesar 1,9930 dengan taraf kesalahan 5%. Dengan demikian, dapat ditemukan hasil pengujian hipotesis bahwa Ho ditolak pada taraf signifikan 5% yang berarti Ha diterima. Kata kunci : Media Gambar, Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Mengidentifikasi Jenis-jenis Pekerjaan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI