PENGARUH MEDIA GAMBAR DALAM MODEL TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN BERBAGAI PENYEBAB PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK PADA SISWA KELAS IV SDN PUNCU II KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
INAS DEWI TRISNAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0303
Abstract
ABSTRAK
Inas Dewi Trisnawati: Pengaruh media gambar dalam model talking stick terhadap kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik pada siswa kelas IV SDN Puncu II Kabupaten Kediri tahun ajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD, FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Kata kunci : media gambar, model talking stick, kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan kegiatan pembelajaran IPA materi berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik di SD kelas IV yang menunjukkan bahwa pembelajaran di kelas guru sudah menggunakan model pembelajaran namun model tersebut belum sesuai dan tidak menggunakan media pembelajaran. Akibatnya dalam proses pembelajaran tersebut kurang efektif dan membosankan. Selain itu, pemahaman siswa terhadap materi tersebut juga sangat rendah.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik tanpa media gambar dalam model Talking Stick? (2) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik dengan media gambar dalam model Talking Stick? (3) Adakah pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media gambar dalam model Talking Stick terhadap kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif true eksperimen design dengan subyek penelitian siswa kelas IV A sebagai kelas kontrol sedangkan kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini diadakan di SDN Puncu II.
Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik tanpa media gambar dalam model Talking Stick masih rendah. (2) Kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik dengan media gambar dalam model Talking Stick sangat tinggi. (3) Ada pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media gambar dalam model Talking Stick terhadap kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik.