PENGARUH MEDIA GAMBAR DALAM MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN PESAWAT SEDERHANA YANG DAPAT MEMBUAT PEKERJAAN LEBIH MUDAH DAN LEBIH CEPAT SDN KENITEN 1 KECAMATAN MOJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
RIZKI YUNIARTI DARMA'ARIF
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0297
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan, bahwa proses pembelajaran siswa kelas V pada
mata pelajaran IPA tentang kemampuan menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan
lebih mudah dan lebih cepat, masih dominan dengan pembelajaran yang berpusat pada guru yang hanya
berceramah saja. Hal demikian tidak dapat membuat siswa terlibat secara langsung mencari informasi
sendiri dan aktif dalam proses pembelajarannya, sehingga mempengaruhi rendahnya tingkat kemampuan
belajar siswa dan pembelajaran kurang bermakna dan bermanfaat.
Permasalahan pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan menjelaskan pesawat
sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat menggunakan model pembelajaran
Scramble tanpa didukung media gambar? (2) Bagaimana kemampuan menjelaskan pesawat sederhana
yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat dengan menggunakan model pembelajaran
Scramble didukung media gambar? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Scramble didukung media
gambar dibandingkan menggunakan model pembelajaran Scramble tanpa didukung media gambar?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Control Group Pretes-Posttes Design Design.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena untuk mempermudah menganalisis data-data
yang diperoleh berupa data numerik. Analisis data yang digunakan adalah statistika inferensial dengan
menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Kemampuan menjelaskan pesawat sederhana yang
dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat menggunakan model pembelajaran Scramble tanpa
didukung media gambar siswa kelas V SD Negeri Keniten I Kabupaten Kediri Tahun pelajaran
2015/2016 dinyatakan kurang menguasai. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-ratasiswa
adalah kurang dari KKM (75) yaitu 73,52. 2) Kemampuan menjelaskan pesawat sederhana yang dapat
membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat dengan menggunakan model pembelajaran Scramble
didukung media gambar siswa kelas V SD Negeri Keniten I Kabupaten Kediri Tahun pelajaran
2015/2016 dinyatakan menguasai atau berhasil. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata
siswa adalah lebih dari KKM(75) yaitu 89,66. 3) Ada pengaruh signifikan model scramble didukung
media gambar terhadap kemampuan menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih
mudah dan lebih cepat siswa kelas V SD Negeri Keniten I Kabupaten Kediri Tahun pelajaran 2015/2016.
Berdasarkan hasil perolehan thitung dan ttabel (4,09 > 2,0345)
Kata Kunci: Media gambar, model Pembelajaran scramble, kemampuan menjelaskan pesawat sederhana
yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat