PENGARUH MEDIA GAMBAR DALAM MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN PESAWAT SEDERHANA YANG DAPAT MEMBUAT PEKERJAAN LEBIH MUDAH DAN LEBIH CEPAT SDN KENITEN 1 KECAMATAN MOJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

RIZKI YUNIARTI DARMA'ARIF
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0297

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan, bahwa proses pembelajaran siswa kelas V pada mata pelajaran IPA tentang kemampuan menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat, masih dominan dengan pembelajaran yang berpusat pada guru yang hanya berceramah saja. Hal demikian tidak dapat membuat siswa terlibat secara langsung mencari informasi sendiri dan aktif dalam proses pembelajarannya, sehingga mempengaruhi rendahnya tingkat kemampuan belajar siswa dan pembelajaran kurang bermakna dan bermanfaat. Permasalahan pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat menggunakan model pembelajaran Scramble tanpa didukung media gambar? (2) Bagaimana kemampuan menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat dengan menggunakan model pembelajaran Scramble didukung media gambar? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Scramble didukung media gambar dibandingkan menggunakan model pembelajaran Scramble tanpa didukung media gambar? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Control Group Pretes-Posttes Design Design. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena untuk mempermudah menganalisis data-data yang diperoleh berupa data numerik. Analisis data yang digunakan adalah statistika inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Kemampuan menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat menggunakan model pembelajaran Scramble tanpa didukung media gambar siswa kelas V SD Negeri Keniten I Kabupaten Kediri Tahun pelajaran 2015/2016 dinyatakan kurang menguasai. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-ratasiswa adalah kurang dari KKM (75) yaitu 73,52. 2) Kemampuan menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat dengan menggunakan model pembelajaran Scramble didukung media gambar siswa kelas V SD Negeri Keniten I Kabupaten Kediri Tahun pelajaran 2015/2016 dinyatakan menguasai atau berhasil. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata siswa adalah lebih dari KKM(75) yaitu 89,66. 3) Ada pengaruh signifikan model scramble didukung media gambar terhadap kemampuan menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat siswa kelas V SD Negeri Keniten I Kabupaten Kediri Tahun pelajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil perolehan thitung dan ttabel (4,09 > 2,0345) Kata Kunci: Media gambar, model Pembelajaran scramble, kemampuan menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI