PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA STRUKTUR KERANGKA TUBUH MANUSIA DENGAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SDN REMBANGKEPUH KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI 2016/2017
Author (Penulis)
DIAN ITA PURNAMASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0278
Abstract
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA STRUKTUR KERANGKA TUBUH MANUSIA DENGAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SDN REMBANGKEPUH KECAMATAN NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI 2016/2017
Dian Ita Purnamasari
12.1.01.10.0278
FKIP – Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
e-mail: tataitaa@gmail.com
Suryo Widodo dan Darsono
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini didasarkan dari fakta dilapangan yang menyebutkan bahwa kemampuan siswa dalam mendeskripsikan masih sangat rendah yang salah satu penyebabnya adalah tidak cukupnya kemampuan untuk dapat memahami konsep pembelajaran. Kemampuan ini akan dapat dimiliki siswa apabila guru merancang pembelajaran secara efektif untuk membiasakan siswa bekerja mandiri terhadap latihan yang dapat membantu siswa lebih mudah memahami materi dan meningkatkan keterampilan siswa dalam mendeskripsikan masalah. Salah satu model dan metode pembelajaran yang dapat dipilih untuk pembelajaran ilmu pengetahuan alam materi struktur kerangka tibuh manusia dan fungsinya yaitu Model Pembelajaran Langsung dan Metode Demonstrasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa mendeskripsikan bagian-bagian rangka tubuh manusia dan fungsinya menggunakan model pembelajara langsung dengan metode demonstrasi dan model pembelajaran langsung tanpa metode demonstrasi. Serta apakah ada pengaruh model pembelajaran langsung dengan metode demonstrasi terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun ajaran 2016/2017. Dengan purposive sampling dipilih sampel siswa kelas IV-A SDN Rembangkepuh sebagai kontrol yang diterapkan model pembelajaran langsung tanpa metode demonstrasi, dan kelas IV-B SDN Rembangkepuh sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran langsung dengan metode demonstrasi. Data penelitian ini berupa data kemampuan mendeskripsikan siswa dan data pemecahan masalah yang diperoleh dengan metode tes yang kemudian diuji dengan uji proporsi dan uji t.
Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan mendeskripsikan siswa lebih tinggi menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode demonstrasi dibandingankan rata-rata kemampuan mendeskripsikan siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung tanpa metode demonstrasi,. Dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang terjadi pada siswa kelas IV yang menggunakan model pembelajaran langsung dengan metode demonstrasi dibandingkan dengan yang terjadi pada siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung tanpa metode demonstrasi.
Kata Kunci: model pembelajaran Langsung, Metode Demonstrasi, Kemampuan Mendeskripsikan Hubungan Antara Struktur Kerangka Tubuh Manusia Dengan Fungsinya.
?