PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN STRUKTUR BUMI PADA SISWA KELAS V SDN BABADAN 2 KECAMATAN NGANCAR KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
RADHA CHRISTINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0263
Abstract
ABSTRAK
RADHA CHRISTINA: Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Didukung Media Gambar Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Struktur Bumi Pada Siswa Kelas V SDN Babadan 2 Kecamatan Ngancar Kabupaten kediri. Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016.
Kata kunci :Model Generatif, media gambar, kemampuan mendeskrpisikan Struktur Bumi
Peneltian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa dalam pembelajaran IPA di SD didominasi metode konvensional. Akibatnya pemahaman siswa terhadap materi kurang, sehingga hasil belajar cenderung rendah. Permasalahan peneltian ini adalah (1) Apakah model pembelajaran Generatif didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan struktur bumi pada siswa kelas V SDN Babadan 2 Kec. Ngancar Kab. Kediri? (2) Apakah model pembelajaran Generatif tanpa didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan struktur bumi pada siswa kelas V SDN Babadan 2 Kec. Ngancar Kab. Kediri? (3) Adakah perbedaan pengaruh antara menggunakan model pembelajaran Generatif didukung media gambar dibanding menggunakan model pembelajaran Generatif tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan struktur bumi pada siswa kelas V SDN Babadan 2 Kec. Ngancar Kab. Kediri?
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik eksperimen. Desaign yang digunakan adalah Nonrandomized Control Group Pretest-Postest Desaign. Penelitian dilakukan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa perangkat pembelajaran dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis dengan menggunakan t-test.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penggunaan model pembelajaran Generatif didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan struktur bumi pada siswa kelas V SDN Babadan 2 Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri, hal ini terbukti dari hasil t_h=23,883>t_(t 1%)=2,861 (dengan ketuntasan sebesar 83%) ; (2) Penggunaan model pembelajaran Generatif tanpa didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan struktur bumi pada siswa kelas V SDN Babadan 2 Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri, hal ini terbukti dari hasil t_h=10,441>t_(t 1%)=2,861 (dengan ketuntasan 44,25%); (3) Ada perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Generatif didukung media gambar dibanding model pembelajaran Generatif tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan struktur bumi pada siswa kelas V SDN Babadan 2 Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri, hal ini terbukti dari hasil perhitungan t_h= 4,261>t_(t 1%)=2,715 dengan keunggulan pada penggunaan model pembelajaran Generatif didukung media gambar. Yang dapat dibuktikan dari rerata posttest kelompok eksperimen 86,00 lebih besar dibanding rerata posttest kelompok kontrol 73,40.