PENGARUH MODEL WORD SQUARE DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI MENGENAL JENIS-JENIS PEKERJAAN SISWA KELAS III SEMESTER 2 SDN NGRONGGO 8 TAHUN 2015/2016


Author (Penulis)

ASTRI DWININGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0256

Abstract

ABSTRAK ASTRI DWININGSIH : “Pengaruh model word square didukung media visual terhadap hasil belajar materi mengenal jenis-jenis pekerjaan siswa kelas III Semester 2 SDN Ngronggo 8 tahun 2015/2016”., Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata kunci : model word square didukung media visual, hasil belajar materi mengenal jenis-jenis pekerjaan. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa permasalahan yang terjadi di SDN Ngronggo 8 pada siswa kelas III semester 2 adalah siswa tidak menguasai materi mengenal jenis-jenis pekerjaan ,penyebabnya adalah kurang menariknya guru dalam menyampaikan materi.Apabila permasalahan di atas tidak segera di atasi maka tujuan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial khususnya materi mengenal jenis-jenis pekerjaan tidak akan tercapai dan keaktifan belajar serta hasil belajar siswa tidak akan meningkat, sebaliknya apabila masalah tersebut segera diatasi maka tujuan dari pembelajaran IPS akan tercapai dan keaktifan siswa serta hasil belajar akan meningkat. Berdasarkan latar belakang diatas ,maka perumusan masalahnya adalah. (1).Bagaimana hasil belajar materi mengenal jenis-jenis pekerjaan menggunakan model pembelajaran word square tanpa media visual pada siswa kelas III semester 2 SDN Ngronggo 8 tahun 2015/2016?. (2).Bagaimana hasil belajar materi mengenal jenis-jenis pekerjaan dengan model word square didukung media visual siswa kelas III semester 2 SDN Ngronggo 8 tahun 2015/2016? (3). Adakah pengaruh model word square didukung media visual terhadap hasil belajar materi mengenal jenis-jenis pekerjaan siswa kelas III semester 2 SDN Ngronggo 8 tahun 2015/2016? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen sehingga terdapat kelas eksperimen dan kontrol. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III semester 2 SDN Ngronggo 8. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumennya berupa soal subjektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 1%. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan nilai t-hitung (6,73) > t-tabel (2,704) dan nilai rata-rata kelas kontrol (Kelas III SDN Ngronggo 8) (67,91) < 74 (KKM). Artinya ada pengaruh menggunakan model pembelajaran word square yang didukung media visual SDN Ngronggo 8. Simpulan hasil penelitian ini adalah : (1). Hasil belajar materi mengenal jenis-jenis pekerjaan menggunakan model word square tanpa media visual siswa kelas III semester 2 SDN Ngronggo 8. Berdasarkan hasil analisis data kelas III semester 2 SDN Ngronggo 8 diketahui bahwa hasil belajar materi mengenal jenis-jenis pekerjaan menggunakan model pembelajaran word square tanpa media visual nilai rata-ratanya masih dibawah KKM. Pernyataan tersebut dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas yakni 67,91. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar materi mengenal jenis-jenis pekerjaan siswa kelas III semester 2 masih dibawah KKM dan sesuai dengan hipotesis pertama. Berdasarkan diterimanya hipotesis tersebut, bahwa hasil belajar materi mengenal jenis-jenis pekerjaan siswa kelas III semester 2 masih dibawah KKM, hal ini terjadi karena siswa kesulitan mengikuti pembelajaran karena belum adanya media pendukung yang menunjang materi tersebut, minat dan motivasi belajar siswa rendah sehingga pencapaian belajar siswa kurang maksimal.(2). Hasil belajar materi mengenal jenis-jenis pekerjaan dengan menggunakan model word square didukung media visual siswa kelas III semester 2 SDN Ngronggo 8. Berdasarkan hasil analisis data kelas III sesmester 2 SDN Ngronggo 8, Diketahui bahwa hasil belajar materi mengenal jenis-jenis pekerjaan menggunakan model word square didukung media visual nilai rata-ratanya diatas KKM. Pernyataan tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas yakni 84,95 terletak diantara kriteria yang ditetapkan antara 75-85. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar materi mengenal jenis-jenis pekerjaan menggunakan model word square didukung media visual rata-ratanya meningkat diatas KKM dan sesuai dengan hipotesis kedua. Berdasarkan diterimanya hipotesis tersebut, bahwa hasil belajar materi mengenal jenis-jenis pekerjaan menggunakan model word square didukung media visual meningkat, ini terjadi karena adanya model pembelajaran yang didukung media yang dapat membantu dan memotivasi siswa sehingga pencapaian belajar siswa tercapai secara maksimal.(3). Pengaruh model pembelajaran word square didukung media visual terhadap hasil belajar materi mengenal jenis-jenis pekerjaan siswa kelas III semester 2 SDN Ngronggo 8 tahun 2015/2016. Berdasarkan uji hipotesis disimpulkan bahwa “ada pengaruh model pembelajaran word square didukung media visual terhadap hasil belajar materi mengenal jenis-jenis pekerjaan siswa kelas III semester 2 SDN Ngronggo 8 tahun 2015/2016.”. Pengaruh yang diberikan adalah pengaruh positif terhadap hasil belajar materi mengenal jenis-jenis pekerjaan, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil analisis data t hitung dan t tabel.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI