PENGARUH PENGGUNAAN MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP KEMAMPUAN MELENGKAPI PUISI ANAK BERDASARKAN GAMBAR PADA SISWA KELAS III SDN 2 TANJUNG KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

IMA HARIYANTI NINGSIH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0254

Abstract

ABSTRAK Ima Hariyanti Ningsih: Pengaruh Penggunaan Model STAD (Student Team Achievement Divisions) Terhadap Kemampuan Melengkapi Puisi Anak Berdasarkan Gambar Pada Siswa Kelas III SDN 2 Tanjung, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri,2016/2017. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, banyak siswa kelas III SDN 2 Tanjung yang mendapatkan nilai di bawah KKM pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi melengkapi puisi anak berdasarkan gambar. Setelah melakukan Tanya Jawab dengan guru dan siswa, ternyata disebabkan oleh pemanfaatan media dalam kegiatan pembelajaran kurang bervariasi serta sering menggunakan metode ceramah dalam kegiatan pembelajaran, sehingga siswa merasa malas, jenuh, dan tidak dapat membangkitkan motivasi atau minat siswa untuk mengikuti pelajaran dan hasil belajarpun kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan melengkapi puisi anak berdasarkan gambar tanpa menggunakan model STAD (Student Team Achievement Divisions) pada siswa kelas III SDN 2 Tanjung Tahun Pelajaran 2016/2017; (2) untuk mendeskripsikan kemampuan melengkapi puisi anak berdasarkan gambar dengan menggunakan model STAD (Student Team Achievement Divisions) pada siswa kelas III SDN 2 Tanjung Tahun Pelajaran 2016/2017; dan (3) untuk mendeskripsikan adanya pengaruh penggunaan model STAD (Student Team Achievement Divisions) terhadap kemampuan melengkapi puisi anak berdasarkan gambar pada siswa kelas III SDN 2 Tanjung Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik penelitian Eksperimen dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN 2 Tanjung Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan instrumennya berupa tes tertulis. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) kemampuan melengkapi puisi anak berdasarkan gambar tanpa menggunakan model STAD (Student Team Achievement Divisions) pada siswa kelas III B SDN 2 Tanjung kurang maksimal, nilai rata-rata post test 72,08 < 75; (2) kemampuan melengkapi puisi anak berdasarkan gambar dengan menggunakan model STAD (Student Team Achievement Divisions) pada siswa kelas III B SDN 2 Tanjung tercapai secara maksimal, nilai rata-rata post test 80,08 > 75; (3) ada pengaruh penggunaan model STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap kemampuan melengkapi puisi anak berdasarkan gambar pada siswa kelas III SDN 2 Tanjung. Hal ini dapat dibuktikan menggunakan uji-t Sig diperoleh t hitung -2.76 (2-tailed) dan t tabel signifikansi 0,05 : 2 = 0,025 dengan (df) 48 - 2= 46, t tabel adalah -2,013. Dapat dianalisis bahwa nilai - t hitung < - t tabel (-2.768< -2,013) dengan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 (0,008 < 0,05) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Kata kunci: STAD (Student Team Achievement Divisions), kemampuan melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI