PENGARUH METODE TEAMS ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN MELAKUKAN PERKALIAN BILANGAN YANG HASILNYA BILANGAN DUA ANGKA PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR ISLAM “AL-IKHLAS” KARANGREJO KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
MELISA WAHYU HIDAYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0232
Abstract
MELISA WAHYU HIDAYATI: Pengaruh Metode Teams Accelerated Instruction (TAI) terhadap Kemampuan Melakukan Perkalian Bilangan yang Hasilnya Bilangan Dua Angka pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Islam “Al-Ikhlas” Karangrejo Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, PGSD FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Kata kunci : Metode Teams Accelerated Instruction (TAI), kemampuan melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka kelas II.
Penelitian ini didasarkan dari fakta-fakta dilapangan yang menyebutkan bahwa kemampuan berhitung siswa khususnya melakukan operasi perkalian terkadang kurang mendapatkan perhatian yang serius yang terbukti masih rendahnya kemampuan siswa pada pembelajaran matematika. Kemampuan ini dapat dimiliki siswa apabila guru merancang pembelajaran secara efektif untuk membiasakan siswa memecahkan persoalan matematika yang dapat membantu siswa lebih mudah memahami konsep matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat dipilih yaitu Teams Accelerated Instruction (TAI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh positif TAI terhadap kemampuan melakukan bilangan perkalian pada siswa kelas II SDI “Al-Ikhlas” Karangrejo. Data penelitian ini berupa data kemampuan awal siswa dan data akhir yang diperoleh dengan metode tes yang kemudian diuji dengan uji proporsi dan uji t.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh TAI terhadap kemampuan melakukan perkalian siswa dengan pembelajaran matematika kelas II SDI “Al-Ikhlas” Karangrejo ditunjukkan pada perbedaan rata-rata kemampuan melakukan perkalian dengan nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen yaitu 76,3 sedangkan pada kelas kontrol yaitu 67,5. Saran untuk penelitian ini adalah agar pembelajaran matematika yang mengacu pada TAI dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Serta harapan akan adanya penelitian lanjutan tentang pembelajaran matematika yang mengacu pada TAI sebagai bentuk pengembangan dan perbaikan dari penelitian yang telah dilakukan.