PENGARUH MODEL COMPLETE SENTENCE DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MELENGKAPI PUISI ANAK BERDASARKAN GAMBAR SISWA KELAS III SEMESTER I MI ISLAMIYAH JATISARI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

IFTI CHOIROTUR RUSDHA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0215

Abstract

ABSTRAK IFTI CHOIROTUR RUSDHA: Pengaruh Model Complete Sentence didukung Media Gambar terhadap Kemampuan Melengkapi Puisi Anak Berdasarkan Gambar Siswa Kelas III Semester I MI Islamiyah Jatisari Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri,2016 Kata Kunci:Model Complete Sentence, Media Gambar, Melengkapi Puisi Anak Berdasarkan Gambar Penelitian ini dilatar belakangi hasilpengamatan peneliti, bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia di MI masih didominasi guru yang belum menggunakan atau memanfaatkan model dan media. Hal ini nampak dari siswa mengalami kesulitan memilih kata-kata dalam melengkapi puisi anak berdasarkan gambar. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui rata-rata kemampuan siswa sebelum menggunakan model Complete Setence didukung media gambar terhadap kemampuan melengkapi puisi anak berdasarkan gambar siswa kelas III Semester I MI Islamiyah Jatisari Tahun Ajaran 2015/2016. 2) untuk mengetahui rata-rata kemampuan siswa sesudah menggunakan model Complete Setence didukung media gambar terhadap kemampuan melengkapi puisi anak berdasarkan gambar siswa kelas III Semester I MI Islamiyah Jatisari Tahun Ajaran 2015/2016. 3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Complete Setence didukung media gambar terhadap kemampuan melengkapi puisi anak berdasarkan gambar siswa kelas III Semester I MI Islamiyah Jatisari Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, subjek penelitian siswa kelas III MI Islamiyah sebanyak 26 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes. Desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil analisis diperoleh perhitungan dengan menggunakan SPSS. Hasil uji t diperoleh signifikan (2-tailed) = 0,000 < 0,05 (untuk tarif signifikan 5%), maka Hoditolak H1diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan Model Complete Sentence didukung Media Gambar terhadap kemampuan melengkapi puisi anak berdasarkan gambar siswa kelas III Semester I MI Islamiyah Jatisari Tahun Ajaran 2015/2016. Diharapkan hasil penelitan disarankan bagi guru dapat dijadikan suatu pembelajaran belajar mengajar siswa lebih diberikan dorongan dan motivasi agar lebih aktif untuk terlibat secara langsung dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu guru hendaknya mampu menggunakan pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI