PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING DIDUKUNG MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN BERBAGAI PENYEBAB PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK SISWA KELAS IV SD PAWYATAN DAHA TAHUN 2015-2016


Author (Penulis)

RENDA AMALA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0212

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan, pembelajaran IPA di SD Pawyatan Daha masih mengalami kesulitan, peserta didik kurang mampu memahami materi dikarenakan hanya disuruh untuk mendengarkan guru serta membaca buku, peserta didik tidak diberi gambaran yang nyata mengenai materi. Sehingga mereka kesulitan dalam mengerjakan serta memahami pelajaran pada akhirnya hasil belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan kemampuan siswa mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik tanpa menggunakan metode Problem Solving tanpa media video pada siswa kelas IV SD Pawyatan Daha tahun 2015-2016. (2) Mendeskripsikan kemampuan siswa mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik menggunakan metode Problem Solving didukung media video pada siswa kelas IV SD Pawyatan Daha tahun 2015-2016. (3) Menjelaskan ada tidaknya pengaruh yang signifikan metode Problem Solving didukung media video terhadap kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik siswa kelas IV SD Pawyatan Daha tahun 2015-2016 Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik penelitian True Eksperimen“Posttest Only Control Group Design”. Subjek peserta didik kelas IV SD Pawyatan Daha Kediri kelas IV D dan IV H. Penelitian ini memiliki hasil (1) Kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik tanpa menggunakan metode Problem Solving dan tanpa media video siswa kelas IV SD Pawyatan Daha tahun 2015-2016 dinyatakan kurang baik dengan nilai rata-rata 72,43 < (KKM) 75 (2) Kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik menggunakan metode Problem Solving didukung media video siswa kelas IV SD Pawyatan Daha tahun 2015-2016 dinyatakan baik dengan nilai rata-rata 82,69 > (KKM) 75 (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode Problem Solving didukung media video terhadap kemampuan mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik siswa kelas IV SD Pawyatan Daha tahun 2015-2016. Dibuktikan dengan ½ x 0.000 kurang dari 0.05 maka H1 diterima. Kata Kunci : Metode Problem Solving, media video, kemampuan mendeskripsikan perubahan lingkungan fisik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI