PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLOOM TERHADAP KEMAMPUAN MEMELIHARA DOKUMEN DAN KOLEKSI BENDA BERHARGA MILIKNYA SISWA KELAS II SDN JAGALAN 5 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
RIZKI OKTAVIANIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0189
Abstract
Abstrak
RIZKI OKTAVIANIK : Pengaruh Model Pembelajaran Bloom Terhadap Kemampuan Memelihara Dokumen Dan Koleksi Benda Berharga Miliknya Siswa Kelas II SDN Jagalan 5 Kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016.
Kata Kunci : model pembelajaran Bloom, kemampuan memelihara dokumen dan
koleksi benda berharga miliknya
Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan hasil belajar dilapangan yang tidak sesuai dengan harapan. Masalah tersebut kemungkinan disebabkan karena dari siswa kurang bisa melihat keadaan sosial yang beragam di luar lingkungannya, strategi pembelajaran guru yang kurang menarik bagi siswa, dan keadaan sosial ekonomi orang tua.
Dalam penelitian ini bertujuan untuk 1) Melatih siswa agar dapat belajar IPS secara aktif. 2) Untuk menambah wawasan dan membantu guru dalam memilih serta menggunakan model dan media pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa, materi pembelajaran, suasana pembelajaran serta tujuan pembelajaran. 3) Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang cara mengorganisasi isi studi pembelajaran sebelum mulai mengajar.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subjek kelas II SDN Jagalan 5 Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa tes. Berdasarkan hipotesis maka digunakan uji kesamaan dua rata-rata dengan normalitas uji-satu arah. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas dengan menggunakan uji- t pada taraf signifikan bertaraf 5%
Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran bloom terhadap kemampuan memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya siswa kelas II SDN Jagalan 5 Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016. Nilai rata-rata sebelum menggunakan model pembelajaran sebesar 75,1667 < 75 (KKM) sedangkan nilai rata-rata kelas setelah menggunakan model pembelajaran Bloom sebesar 92,8333 > 75 (KKM) dan analisis yang dilakukan menunjukkan thitung 7.306 > ttabel 5% 2.045. Artinya ada pengaruh model pembelajaran bloom terhadap kemampuan memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya siswa kelas II SDN Jagalan 5 Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016.