Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw didukung Media Gambar terhadap Kemampuan Menjelaskan Hubungan antara Keadaan Awan dan Cuaca pada Siswa Kelas III SDI AL-HUDA Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017.


Author (Penulis)

NOVITA DEWI ROSALIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0187

Abstract

ABSTRAK Novita Dewi Rosalia : Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw didukung Media Gambar terhadap Kemampuan Menjelaskan Hubungan antara Keadaan Awan dan Cuaca pada Siswa Kelas III SDI AL-HUDA Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Kata kunci : Model Pembelajaran Jigsaw, media gambar, menjelaskan, keadaan awan dan cuaca Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA di kelas III SDI Al-Huda Kota Kediri yang masih bersifat konvensional. Materi disampaikan secara verbal tanpa ada media yang mendukung. Akibatnya suasana belajar menjadi monoton dan minat belajar rendah. Hal ini nampak pada hasil belajar yang masih di bawah KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Jigsaw tanpa didukung media gambar; 2. mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Jigsaw didukung media gambar; 3. mendeskripsikan adanya pengaruh model pembelajaran Jigsaw tanpa didukung media gambar dibanding dengan model pembelajaran Jigsaw didukung media gambar terhadap kemampuan menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca pada siswa kelas III SDI AL-HUDA Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Pada penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen Posttest-Only Control Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas III di SDI AL-HUDA Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji-t. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%, hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung > ttabel dengan angka 3,980 > 1,99601. Dengan demikian terbukti bahwa “Ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Jigsaw tanpa didukung media gambar dengan model pembelajaran Jigsaw didukung media gambar terhadap kemampuan menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca pada siswa kelas III SDI AL-HUDA Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017”. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh antara model pembelajaran Jigsaw tanpa didukung media gambar dengan model pembelajaran Jigsaw didukung media gambar terhadap kemampuan menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca pada siswa kelas III SDI AL-HUDA Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI