Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) didukung Media Video terhadap Kemampuan Menjelaskan Cara Pencegahan Kerusakan Lingkungan (Erosi, Abrasi, Banjir, dan Longsor) pada Siswa Kelas IV SDN Mrican Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

NITA ANDRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0186

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan kegiatan pembelajaran IPA di SD kelas IV yang masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Akibatnya pembelajaran tersebut kurang menarik hal ini menyebabkan siswa merasa jenuh, bosan, serta enggan mengikuti pelajaran. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnya pun juga rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor) tanpa menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) tidak didukung media video pada siswa kelas IV di SD Negeri Mrican Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor) dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) didukung media video pada siswa kelas IV di SD Negeri Mrican Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) didukung media video terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor) pada siswa kelas IV di SD Negeri Mrican Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017?. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen Pre-Experimental Design dengan bentuk desain One-Group Pretest-Posttest Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Mrican Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji-t. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) didukung media video terhadap kemampuan mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor) pada siswa kelas IV SDN Mrican Kota Kediri. Pengaruh tersebut dapat dilihat dari hasil analisis data dengan cara uji-t yang hasilnya menunjukkan bahwa thitung 8,383 > ttabel 1,990 dengan db 78 dan taraf signifikansi sebesar 5%. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) didukung Media Video dapat dimanfaatkan dan diterapkan sebagai salah satu model dan media dalam pembelajaran IPA di sekolah khususnya pada materi mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor). KATA KUNCI :Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Media Video, Mendeskripsikan Cara Pencegahan Kerusakan Lingkungan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI