PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS V SDN KETAWANG I KECAMATAN PURWOASRI TAHUN AJARAN 2016-2017
Author (Penulis)
WIWIN SUGIARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0183
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan, bahwa kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya siswa kelas V SDN Ketawang 1 kurang sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini dikarenakan pelaksanaan pembelajaran belum menggunakan model pembelajaran.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya menggunakan model pembelajaran SAVI pada siswa kelas V SDN Ketawang 1 Kecamatan Purwoasri tahun ajaran 2016-2017? (2) Bagaimana kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SDN Ketawang 1 Kecamatan Purwoasri tahun ajaran 2016-2017? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Ketawang 1 Kecamatan Purwoasri tahun ajaran 2016-2017?
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen sehingga terdapat dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Ketawang 1. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumennya berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 1%.
Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan nilai thitung sebesar 2,880 dan ttabel db 38 taraf signifikan 1% sebesar 2,713. Data tersebut menunjukkan bahwa thitung ? ttabel yaitu 2,880 ? 2,713, sehingga H0 ditolak pada taraf signifikan 1% dan Ha terbukti benar. Dan nilai rata-rata kelas kontrol (74,25) < 75 (KKM) sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen (83,5) > 75 (KKM). Artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran SAVI terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Ketawang 1 Kecamatan Purwoasri Tahun Ajaran 2016-2017.
Kata Kunci : model pembelajaran Somatic, Auditory, Visual, intellectual (SAVI), kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.