PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN SISWA KELAS II SDN MENANG KECAMATAN PAGU TAHUN 2015-2016


Author (Penulis)

RETNO SANTIKA DEWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0178

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan pada kegiatan pembelajaran materi operasi hitung perkalian di kelas II SDN Menang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran masih menggunakan sistem hafalan dengan dominasi peran guru. Akibatnya siswa menjadi bosan, mengantuk, gaduh, mengganggu temannya, dan keluar masuk kelas dengan alasan tertentu. Hal itu nampak dari nilai yang didapatkan ketika guru memberikan soal tentang perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kemampuan operasi hitung perkalian siswa kelas II SDN Menang Kecamatan Pagu Tahun 2015-2016 dengan model discovery learning. (2) Mendeskripsikan kemampuan operasi hitung perkalian siswa kelas II SDN Menang Kecamatan Pagu Tahun 2015-2016 tanpa model discovery learning. (3) Menjelaskan pengaruh signifikan model discovery learning terhadap kemampuan operasi hitung perkalian siswa kelas II SDN Menang Kecamatan Pagu Tahun 2015-2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik penelitian true eksperimental design dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Menang Kecamatan Pagu Tahun 2015-2016 sebagai kelas eksperimen dan SDN Wates Kecamatan Pagu Tahun 2015-2016 sebagai kelas kontrol. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda sebanyak 12 butir soal posttest yang kemudian diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kemampuan operasi hitung perkalian siswa kelas II SDN Menang Kecamatan Pagu Tahun 2015-2016 dengan model discovery learning mencapai KKM. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata 84,8 > (KKM 75). (2) Kemampuan operasi hitung perkalian siswa kelas II SDN Menang Kecamatan Pagu Tahun 2015-2016 tanpa model discovery learning masih di bawah KKM. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata 69,2 < (KKM 75). (3) Ada pengaruh yang signifikan model discovery learning terhadap kemampuan operasi hitung perkalian siswa kelas II SDN Menang Kecamatan Pagu Tahun 2015-2016 dan hasilnya lebih baik menggunakan model discovery learning daripada tanpa menggunakan discovery learning. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, model discovery learning memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan operasi hitung perkalian siswa kelas II SDN Menang Kecamatan Pagu Tahun 2015-2016. Kata kunci: discovery learning, kemampuan, operasi hitung perkalian.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI