PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN SISWA KELAS II SDN MENANG KECAMATAN PAGU TAHUN 2015-2016
Author (Penulis)
RETNO SANTIKA DEWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.10.0178
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan pada kegiatan pembelajaran materi operasi
hitung perkalian di kelas II SDN Menang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran masih
menggunakan sistem hafalan dengan dominasi peran guru. Akibatnya siswa menjadi bosan, mengantuk,
gaduh, mengganggu temannya, dan keluar masuk kelas dengan alasan tertentu. Hal itu nampak dari nilai
yang didapatkan ketika guru memberikan soal tentang perkalian.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kemampuan operasi hitung perkalian siswa
kelas II SDN Menang Kecamatan Pagu Tahun 2015-2016 dengan model discovery learning. (2)
Mendeskripsikan kemampuan operasi hitung perkalian siswa kelas II SDN Menang Kecamatan Pagu
Tahun 2015-2016 tanpa model discovery learning. (3) Menjelaskan pengaruh signifikan model discovery
learning terhadap kemampuan operasi hitung perkalian siswa kelas II SDN Menang Kecamatan Pagu
Tahun 2015-2016.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik penelitian true eksperimental
design dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas II
SDN Menang Kecamatan Pagu Tahun 2015-2016 sebagai kelas eksperimen dan SDN Wates Kecamatan
Pagu Tahun 2015-2016 sebagai kelas kontrol. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah tes. Tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda sebanyak 12 butir soal posttest
yang kemudian diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Kemampuan operasi hitung perkalian siswa kelas II SDN
Menang Kecamatan Pagu Tahun 2015-2016 dengan model discovery learning mencapai KKM. Hal ini
dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata 84,8 > (KKM 75). (2) Kemampuan operasi hitung perkalian siswa
kelas II SDN Menang Kecamatan Pagu Tahun 2015-2016 tanpa model discovery learning masih di
bawah KKM. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata 69,2 < (KKM 75). (3) Ada pengaruh yang
signifikan model discovery learning terhadap kemampuan operasi hitung perkalian siswa kelas II SDN
Menang Kecamatan Pagu Tahun 2015-2016 dan hasilnya lebih baik menggunakan model discovery
learning daripada tanpa menggunakan discovery learning.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, model discovery learning memiliki pengaruh
signifikan terhadap kemampuan operasi hitung perkalian siswa kelas II SDN Menang Kecamatan Pagu
Tahun 2015-2016.
Kata kunci: discovery learning, kemampuan, operasi hitung perkalian.