PENGARUH MODEL TALKING STICK DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANYA SISWA KELAS III SD PAWYATAN DAHA KEDIRI TAHUN AJARAN 2015 / 2016


Author (Penulis)

ZUHRI ZENI ZAM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.10.0156

Abstract

Abstrak ZUHRI ZENI ZAM: Pengaruh model Talking Stick didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaanya siswa kelas III SD Pawyatan Daha Kota Kediri tahun ajaran 2015/2016 , Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata kunci: Model Talking Stick, Media gambar, sumber energi dan kegunaanya. Penelitian ini dilatar belakangi hasil wawancara dan pengalaman peneliti, bahwa guru dalam mengajar khususnya pembelajaran IPA di SD masih menggunakan metode konvensional yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru. Akibatnya siswa menjadi pasif dan akan sulit tercipta interaksi antara guru dan siswa saat proses pembelajaran berlangsung, sehingga tujuan pembelajaran tidak akan tercapai secara maksimal. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh model Talking Stick didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaanya (2) Bagaimana pengaruh model Talking Stick tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaanya ada sisiwa kelas III SD Pawyatan Daha kota kediri Tahun Ajaran 2015/2016?. (3) Adakah perbedaan pengaruh antara menggunakan model Talking stick tanpa didukung media gambar disbanding dengan model Talking stick tanpa didukung media gambar terhadap kemapuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaanya pada siswa kelas III SD Pawyatan Daha kota Kediri Tahun Ajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimetal dengan desain penelitian nonrandomized control group pre test post test design.. kelompok pertama diberi perlakuan yaitu kelompok eksperimen dan kelompok yang lain tidak yaitu kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes objektif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data dengan menggunakan metode uji-t, yang sebelumnya dilakukan uji normalitas terlebih dahulu. Adapun hasil perbandingan t hitung dengan t tabel dari hasil analisis data menggunakan metode uji-t adalah: t hitung 2.612 ? 0,2461 t tabel taraf signifikansi 5%. Dari perbandingan tersebut, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat dinyatakan adanya pengaruh yang signifikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Adanya pengaruh penggunaan model Talking Stick dengan media pembelajaran gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaanya pada siswa kelas III SD Pawyatan Daha kota Kediri; (2) Pengaruh model Talking Stick didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaanya siswa kelas III SD Pawyatan Daha kota Kediri cenderung mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI